Apindo Belum Terima Laporan Anggotanya yang Gulung Tikar

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 26 Aug 2015 20:45 WIB
rupiah melemah
Apindo Belum Terima Laporan Anggotanya yang Gulung Tikar
Ketum Apindo Hariyadi B Sukamdani. MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) hingga saat ini belum menerima laporan adanya anggota mereka yang harus gulung tikar akibat melemahnya perekonomian dan pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar yang menyentuh level Rp14.000 per USD.

Namun begitu, ada laporan beberapa perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang disampaikan oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal yang mengatakan adanya PHK di wilayah Karawang dan Bekasi.

"Di daerah Karawang, Bekasi ada 13 perusahaan (yang melakukan PHK pekerjanya) itu yang dari KSPI. Di Apindo belum ada (laporan)," tutur Ketua Umum Apindo, Haryadi Sukamdani di Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015).

Dirinya menambahkan, kondisi saat ini memang mengharuskan pengusaha memutuskan pilihan yang sulit.

"Memang pilihan yang sulit melakukan efisiensi. Pilihannya menaikkan harga jual atau ada efisiensi di cost lain salah satunya di pos tenaga kerja," jelas dia.

Adapun, Haryadi menilai jika situasi berat yang dihadapi saat ini memang disebabkan oleh situasi fluktuasi mata uang Amerika Serikat dan mata uang Tiongkok. Namun kondisi hanya akan berlangsung hingga akhir tahun.

"Kami perkirakan kondisi ini hanya akan berlangsung sampai akhir tahun. Tapi kami yakini akan ada perbaikan dan akan  rebound dengan cepat," pungkasnya.



(SAW)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

1 hour Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA