Api Kembali Melahap Hutan Lerang Merapi

Patricia Vicka    •    Rabu, 26 Aug 2015 21:31 WIB
kebakaran hutan
Api Kembali Melahap Hutan Lerang Merapi
Kebakaran di hutan lereng Gunung Merapi. Foto: Twitter BPPTKG

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali terbakar, tepatnya di kawasan Jurangjero, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Rabu (26/8/2015).

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Edy Sutiarto menjelaskan kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB hingga 12.30 WIB.

"Api membakar semak belukar di wilayah blok Gentong yang berada di sebelah timur Kali Putih," kata Edy melalui keterangan pers, di Yogyakarta, Rabu (26/8/2015)

Karena tiupan angin kencang, si jago merah menyebar dengan cepat dan melahap semua semak belukar dan ilalang di sekitar TNGM.

"Ini yang terbakar adalah semak belukar di strata bawah sampai strata dua. Tidak sampai ke tingkat tajuk. Kami berupaya memadamkan. Warga baru menyadari api sekitar pukul 13.00 WIB," jelasnya

Hingga kini, sejumlah relawan, petugas TNGM, TNI, Polisi, dan BPBD masih terus berupaya memadamkan api.

"Petugas memadamkan api dengan cara manual. Asap putih masih terlihat membubung di sekitar lokasi kebakaran. Sejumlah pohon pinus juga terlihat mengeluarkan asap akibat terbakar," katanya.

Proses pemadaman dilakukan hampir 2,5 jam. Termasuk dengan menggunakan tangki air slip on milik TNGM. "Semoga api segera padam," ujarnya.


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA