Hari ini Sidang Militer Perdana 12 Anggota Kopassus

- 20 Juni 2013 08:28 wib
ANTARA/Noverandika
ANTARA/Noverandika

Metrotvnews.com, Bantul: Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Kamis (20/6) akan mulai menggelar sidang kasus penyerbuan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan yang dilakukan anggota Kopassus Grup 2 Kartosuro.

Ketua Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta Letkol (CHK) Faridah Faisal mengatakan, sidang akan digelar di dua ruang sidang.

Hal itu, jelasnya, karena berkas perkara displit (dipisah-berkas kasus) menjadi empat. Pada sidang perdana ini Pengadilan Militer (Dilmil) II-11 Yogyakarta mengagendakan pembacaan dakwaan oleh Oditur Militer dari Otmil (Oditurat Militer) Yogyakarta.

Apakah dalam sidang yang mengagendakan pemeriksaan saksi akan menggunakan teleconference atau tidak, Faridah mengatakan, hal itu menjadi kewenangan hakim. "Jadi ditentukan dalam sidang mendatang," katanya.

Seperti diketahui, ke-12 anggota Kopassus yang akan diadili di Yogyakarta itu, mulai Rabu (19/6) sudah ditahan di Denpom IV/2 Yogyakarta setelah sebelumnya menjalani penahanan di Denpom IV/5 Semarang.

Ke-12 tersangka itu berkasnya dipisah menjadi empat. Satu berkas dengan tersangka Serda Ucok Tigor Simbolon dan Serda Sugeng Sumaryanto serta Kopda Kodik akan dijerat dengan pasal 340 KUHP, pasal 338 KUHP dan pasal 351 KUHP serta pasal 103 KUHPM (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Militer).

Tersangka Sertu Tri Juwanto, Sertu Anjar Rahmanto, Sertu Martinus Roberto, Sertu Suprapto dan Sertu Herman Siswoyo akan dikenakan pasal 340 KUHP, 338 KUHP, 351 KUHP, dan pasal 170 KUHP.

Adapun tersangka Ikhnawan Suprapto akan dikenai pasal 340 KUHP, 338 KUHP dan 351 KUHP. Tersangka Serma Rokhmadi dan Serma Muhammad Zaenuri serta Serma Sutar akan dikenai pasal 121 KUHPM. (AU)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…