BI Tetap Jaga Nilai Tukar Sesuai Fundamental

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 27 Aug 2015 08:26 WIB
rupiah melemah
BI Tetap Jaga Nilai Tukar Sesuai Fundamental
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Dody Zulverdi mengatakan BI akan selalu menjaga pergerakan rupiah sesuai dengan fundamentalnya. Walaupun saat ini rupiah sudah menyentuh level Rp14.000 per USD.

"Secara prinsip dalam narasi rilis kebijakan RDG Bank Indonesia, BI menjaga nilai tukar agar stabil sesuai dengan fundamentalnya," tutur dia di sebuah diskusi, di Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015) malam.

Dia menambahkan, pergerakan sesuai dengan fundamentalnya adalah pergerakan yang melemah atau menguat tidak terlalu besar supaya kalkulasi bisnis tidak terlalu repot. Serta agar bisa mengukur ketika dilakukan hedging atau sebagainya.

"Sesuai fundamental, yaitu nilai yang secara perhitungan ekonomi nilai tukar yang konsisten yang kita upayakan untuk transaksi berjalan ini berkurang defisitnya," terangnya.

Selain itu, penentuan nilai fundamental juga akan disesuaikan dengan defisit yang ada di transaksi berjalan. Sehingga ketika defisit transaksi berjalan membesar maka akan dibuat suatu nilai tukar yang bergerak ke satu arah tertentu.

"Memang harus dijaga bukan berarti BI punya angka yang statis satu angka. Padahal nilai fundamental itu suatu angka yang dinamis, karena tergantung ekonomi global dan domestik," tandas dia.


(AHL)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

2 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA