Mantan Pimpinan KPK Minta Pansel Pilih Capim yang Independen

Arga sumantri    •    Kamis, 27 Aug 2015 09:20 WIB
capim kpk
Mantan Pimpinan KPK Minta Pansel Pilih Capim yang Independen
Mantan Wakil Ketua KPK, M Jasin - MI/Rommy P

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Wakil Ketua KPK, M Jasin berharap panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK tidak hanya menilai para capim KPK dari aspek integritas dan kompetensinya saja. Menurut dia, pertimbangan aspek independensi juga satu poin penting yang harus jadi pertimbangan mutlak pansel KPK dalam menetapkan capim KPK terpilih.

"Pimpinan KPK tidak hanya cukup integritas, kompetensi, atau profesional. Independensi juga perlu diukur, apa dia punya kepentingan yang lain atau tidak," kata M Jasin dalam Bincang Pagi Metro TV, Kamis (27/8/2015).

Selain harus independen, menurut Jasin pimpinan KPK nantinya harus juga berani. Khususnya menghadapi tekanan besar yang sulit dihindari para pimpinan KPK. "Pimpinan KPK sebelumnya itu sangat under pressure. Selain berani, dia juga harus orang yang well known (menguasai)," tambahnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Pansel Capim KPK, Destry Damayanti menyatakan aspek independensi memang sudah jadi satu hal yang masuk dalam poin wawancara terbuka yang lalu. Selain independensi, setidaknya ada empat aspek lainnya yang jadi tolak ukur Pansel dalam menentukan kriteria capim KPK, yakni aspek integritas, kompetensi, leadership dan rekam jejak kontribusinya terhadap pemberantasan korupsi.


(REN)