Hanya Temporer, Fuad Bawazier: Buy Back Saham BUMN Tidak Efektif

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 27 Aug 2015 09:23 WIB
bumn
Hanya Temporer, Fuad Bawazier: <i>Buy Back</i> Saham BUMN Tidak Efektif
Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier. FOTO: MI/M IRFAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier menyebutkan keputusan pemerintah untuk melakukan buy back saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak akan efektif untuk mengangkat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Sebetulnya ini sifatnya menolong, tapi sementara. Jadi duit-duit dia juga yang dipakai lalu diambil lagi. Ini kurang efektif," ujarnya dalam sebuah diskusi di Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015) malam.

Namun demikian, Fuad menjelaskan secara jangka pendek memang hal tersebut perlu dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya memperbaiki perekonomian.

"Karena itu sebuah upaya yang bisa kita lakukan. Di Tiongkok juga lakukan upaya seperti itu supaya bursa efeknya itu enggak ambruk. Jadi sifatnya hanya temporer," lanjut dia.

Selain itu, dirinya menambahkan, jika upaya yang dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia (BI) merupakan upaya yang maksimal. Meskipun dinilai reaktif terhadap situasi saat ini, bahkan bisa dikatakan terlambat.

"Saya kira BI juga lakukan upaya maksimal. Walaupun sebagian upayanya reaktif, terlambat. Tapi mending daripada enggak diantisipasi sama sekali," pungkasnya.


(AHL)