Musim Haji, Pertamina Tambah Avtur di Bandara Sultan Mahmud II

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 27 Aug 2015 09:51 WIB
pertamina
Musim Haji, Pertamina Tambah Avtur di Bandara Sultan Mahmud II
Penggunaan avtur saat musim haji meningkat. ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim haji tahun ini, PT Pertamina (Persero) kembali menyiapkan tambahan avtur 100 kiloliter (kl) per hari untuk memenuhi kebutuhan penerbangan jamaah haji Embarkasi Palembang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badarudin II (SMB II).

Senior Supervisor External Relation Marketing, Operation Region II PT Pertamina, Alicia Irzanova menyebutkan, penerbangan pertama jemaah haji dimulai 28 Agustus 2015. Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Sultan Mahmud Badarudin II diperkirakan akan meningkat menjadi 190 kl per hari.

Kenaikan ini, dia menyebutkan naik dua kali lipat dari hari-hari biasa yaitu rata-rata 90 kl per hari. Penambahan ini adalah suatu langkah untuk menjamin ketersediaan pasokan avtur dalam musim haji ini. Menurutnya, hal ini sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat nantinya, baik yang reguler maupun khusus untuk angkutan haji.

"Pertamina untuk layanan haji antara lain dengan menambah bridger (mobil tangki pengangkut avtur) dari kilang Pertamina RU III Plaju ke DPPU SMB-II, dari total enam bridger dengan kapasitas 16 kl menjadi delapan bridger dengan kapasitas 16 kl," jelas Alicia dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (26/8/2015).

Selain itu, suplai yang biasanya dilakukan satu kali sehari akan ditambah menjadi dua kali sehari. Pertamina DPPU SMB-II juga menyiapkan mobil refueler kapasitas 40 KL dan 16 KL untuk pengisian ke pesawat guna menjamin ketepatan waktu pengisian ke pesawat haji maupun pesawat reguler.

"Kebutuhan avtur selama musim haji tahun ini di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II tahun ini mengalami peningkatan sekitar 20 kl per hari dari 170 kl per hari (2014) menjadi 190 kl per hari di 2015," pungkas dia.


(AHL)