Angkat Rupiah, Jokowi Siapkan Paket Kebijakan

Desi Angriani    •    Kamis, 27 Aug 2015 11:24 WIB
paket kebijakan ekonomi
Angkat Rupiah, Jokowi Siapkan Paket Kebijakan
Presiden Jokowi -- FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo tadi pagi memanggil beberapa menteri ekonomi. Dalam pertemuan itu, pria yang kerap disapa Jokowi ini menyampaikan banyak hal kepada menteri-menterinya.

"Tadi presiden memanggil beberapa menteri. Ada Menteri BUMN, Menteri ESDM, Menteri Keuangan, Menperin, Mentan, Mendag, dan saya. Presiden menyampaikan banyak hal, tetapi belum bisa semua saya jelaskan sekarang," ungkap Menko Perekonomian Darmin Nasution, di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Darmin menceritakan, Presiden Jokowi meminta untuk memerinci satu paket kebijakan besar yang harus diselesaikan minggu depan. Kebijakan tersebut menyangkut sektor riil, keuangan, deregulasi, kebijakan baru, sampai tax holiday.

"Nanti akan dijelaskan Menkeu pukul 12.30. Untuk memperlancar kegiatan ekonomi, mendorong masuknya valuta asing, kita memerlukan itu karena tidak ada jalan lain," beber Darmin.

Namun demikian, Darmin enggan menjelaskan lebih dalam mengenai paket kebijakan tersebut. Dia pun meminta para pewarta untuk bersabar dalam menjelaskan paket kebijakan tersebut jika memang sudah final.

"Tunggu saja, kalau pada saatnya kita sudah bisa menjelaskan, satu-satu saya akan jelaskan. Yang jelas kita diminta presiden menyiapkan satu paket kebijakan yang besar untuk menjawab situasi. Salah satunya rupiah," jelas Darmin.

Paket kebijakan tersebut, kata Daramin, bisa siap dalam beberapa hari mendatang. "Bisa tiga hari dari sekarang," pungkasnya.


(AHL)