Gubernur Soekarwo Klaim Stok Sapi Melimpah

Amaluddin    •    Kamis, 27 Aug 2015 11:46 WIB
daging sapi
Gubernur Soekarwo Klaim Stok Sapi Melimpah
Foto: Seorang peternak menjual sapinya di Pasar Hewan Tumpang, Malang, Jawa Timur/Ant_Ari Bowo Sucipto

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengklaim stok sapi potong di Jawa Timur cukup banyak yakni 4,1 juta ekor per 2015. Pakde Karwo, demikian ia kerap disapa, mengatakan jumlah itu aman untuk kebutuhan warga Jawa Timur hingga akhir tahun.

"Itulah yang membuat harga daging di Jatim tetap stabil, di kisaran Rp100 ribu per kilogram," kata Soekarwo di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/8/2015).

Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar Jatim, Muthowif menyangsikan hal itu. Dia mengatakan 4,1 juta ekor itu tidak sesuai dengan angka di lapangan. Itu merupakan angka perencanaan dari Dinas Peternakan Pemprov Jatim.

"Itu tidak real. Karena baru perencanaan," kata Muthowif

Mengacu data statistik Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, stok sapi kumulatif di Jatim sebanyak 3,5 juta ekor. "Itupun data statistik tahun 2013," katanya.

Muthowif memprediksi, saat ini jumlah kumulatif stok sapi di Jatim hanya sejumlah 2,9 juta ekor dan tidak semuanya siap potong. "Jadi omong kosong kalau dibilang Jatim surplus sapi," ungkapnya.

Meski demikian, tetap saja ia menduga daging sapi betina dipotong. Namun ia tak memungkiri jumlahnya berkurang dari 2012 yang berkisar 80 persen menjadi 30 persen pada 2015.

"Saat ini pemotongan sapi betina menurun menjadi 30 persen setelah pada bulan puasa kemarin saat Dirjen Peternakan sidak ke Jatim," pungkasnya.

 


(TTD)