BTN Targetkan Porsi Dana Murah Capai 51%

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 27 Aug 2015 12:22 WIB
btn
BTN Targetkan Porsi Dana Murah Capai 51%
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) Tbk (BBTN) berencana memperkuat porsi dana murah dibandingkan dengan dana mahal di tahun ini. BTN bakal memperbesar porsi dana murah atau Current Account Saving Account (CASA) di level 51 persen atau meningkat dibandingkan dengan posisi sebelumnya.

"Tahun lalu posisi CASA ada di level 45 persen dan sisanya deposito. Tahun ini CASA‎ kita akan perbesar hingga 51 persen," kata Direktur Bisnis Bank BTN Sis Apik Wijayanto, ketika ditemui dalam bincang-bincang media, di Phoenam Coffee, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

BTN memiliki rasa optimistis yang tinggi mencapai target CASA tersebut. Salah satu optimisme yang dimiliki lantaran BTN sudah menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero). Dari kerja sama yang sudah terjalin lama ini akhirnya melahirkan sebuah produk berupa tabungan bernama e'Batarapos‎ di 2005.

Dari 2005 sampai dengan sekarang ini, nilai tabungan dari e'Batarapos mengalami pertumbuhan yang cukup positif. Pada 2009, nilai tabungan e'Batarapos mencapai Rp350 miliar. Dan, sampai dengan Juli 2015 jumlah dari nilai tabungan e'Batarapos sudah mencapai Rp2 triliun.

"Penambahan outlet dari 500, 500, 500, sampai jumlah outlet kita mencapai 3.800 outlet. Dana saldo tabungan e'Batarapos pun meningkat sampai akhir Juli 2015 mencapai Rp2 triliun," jelasnya.

Sis menjelaskan, peningkatan dana tersebut telah didukung dengan berbagai macam persiapan yang matang. Berbagai macam persiapan matang yang dimaksudkan adalah seperti menyiapkan perangkat program, tenaga ahli, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut ia menargetkan jumlah dana tabungan e'Batarapos bisa bertambah sebesar Rp3 triliun. Jika Rp3 triliun dapat tercapai, diharapkan total dana tabungan e'Batarapos bisa mencapai Rp5 triliun di 2015, gabungan dari perolehan dana tabungan yang sudah dicapai sampai Juli 2015 sebesar Rp2 triliun.

Sis berharap, kerja sama dengan Pos Indonesia bisa memperoleh dana tabungan sebesar Rp1 miliar. Perolehan tersebut diharapkan dapat dicapai melalui outlet yang dimiliki Pos Indonesia. "Bahkan, di Samarinda dan Surabaya, ada dana Tabungan e'Batarapos mencapai Rp60 miliar-Rp90 miliar. Kita yakin bisa tercapai," pungkas dia.


(ABD)