Ketua PB NU Minta Tuhan dan Syaiton Ganti Nama

Desi Angriani    •    Kamis, 27 Aug 2015 13:00 WIB
nu
Ketua PB NU Minta Tuhan dan Syaiton Ganti Nama
Said Aqil Siradj. Foto: Zabur Karuru/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Seseorang bernama Tuhan di Banyuwangi, Jawa Timur, menjadi pemberitaan banyak media. Nama itu menciptakan pro dan kontra. Polemik Tuhan belum tuntas, muncul nama Syaiton yang disebut berdomisili di Palembang, Sumatera Selatan. 

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj meminta agar Tuhan dan Syaiton mengganti nama. Said menilai, nama-nama itu tidak etis untuk digunakan manusia.

"Nama-nama itu tidak etis dipakai manusia. Akan lebih baik kalau diganti namanya," ujar Said di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/8/2015). 

Menurutnya, walau tidak mempunyai konotasi negatif, pemberian nama Tuhan merupakan sesuatu yang berlebihan. Apalagi Islam mengajarkan agar umat muslim memberikan nama yang mengandung arti baik dan tidak berlebihan.

"Nabi katakan begitu, berilah nama pada anak-anak mu sekalian dengan nama yang baik. Ya kalau gak mau ganti, tambah saja, supaya tidak terkesan Tuhan, misalnya Hamba Tuhan," ungkap dia.

Diketahui, pria di Banyuwangi bernama Tuhan, 36, mendadak tenar setelah kartu tanda penduduk (KTP) miliknya tersebar luas di dunia maya. Ada pula seseorang bernama Syaiton, warga Perumahan Taman Mekarsari, Palembang, Sumatera Selatan.


(KRI)