Teman Ahok: Kritikan untuk Ahok Menyehatkan

K. Yudha Wirakusuma    •    Kamis, 27 Aug 2015 15:11 WIB
ahok
Teman Ahok: Kritikan untuk Ahok Menyehatkan
Ilustrasi Teman Ahok--Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama belakangan kerap mendapatkan kritik pedas lantaran kebijakannya dianggap tidak populis. Juru Bicara Teman Ahok Amalia Ayuniningtyas menganggap kritikan yang dialamatkan kepada Ahok wajar.

"Enggak apa-apa, kritik itu kan sehat," kata Amalia saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Kamis (27/8/2015).

Teman Ahok menyadari kebijakan yang dikeluarkan Ahok tak semuanya diamini publik. Ada juga yang kontra. "Terutama soal Kampung Pulo ada pro dan kontra. Setiap kebijakan seperti itu. Kampung Pulo direlokasi agar kehidupan warga lebih baik dan manusiawi seperti itu," imbuhnya.

Teman Ahok sadar banyak kebijakan Ahok yang tidak disukai. Karena ini terkait kehidupan orang lain. Teman Ahok hanya berusaha untuk menyebarkan informasi yang benar dan realistis. "Banyak informasi yang disebarkan enggak beraturan, tidak benar. Kasus Kampung Pulo berusaha membuat informasi yang cek and ricek," paparnya.

Soal protes musis Ahmad Dani tentang kemacetan, Lia mengaku belum mendengar. Tapi soal kemacetan yang semakin parah di Jakarta adalah konsekuensi pembangunan jalan. Ahok saat ini tengah melanjutkan proyek pekerjaan jalan yang mangkrak. "Beberapa proyek yang mangkrak sekarang dilajutkan."

Belakangan Ahok kerap dihujani kritik sejumlah tokoh masyarakat. Kritik bergulir saat Ahok merelokasi permukiman warga Kampung Pulo, Jakarta Timur. Dalam akun twitter pribadinya, sejarawan J.J Rizal menyebut pembangunan rumah susun atau rusunawa selalu menjadi alasan bagi Ahok agar terlihat manusiawi. Padahal warga Kampung Pulo harus kehilangan tanah dan kampung halaman.

"Rusunawa selalu jadi alasan bahwa Ahok manusiawi, tapi apa manusiawi dari punya tanah dan rumah sendiri jadi ngontrak lima tahun doang dan perpanjang," ungkap Rizal lewat akun twitternya, @JJRizal, Kamis 20 Agustus lalu.

Selain itu Ahok juga mendapat kritik dari musisi kondang Ahmad Dhani. Dia mengkritik Ahok melalui akun twitternya. Dia meminta Ahok menghubunginya lantaran kemacatan parah di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.   
"Hok...Lu kalo ga bisa ngatasin kemacetan Tol TB Simatupang...Telp Gw...Gw Tunggu @basuki_btp,"
cuit Ahok 24 Agustus lalu.


(YDH)