Bisnis Waralaba Mamin Berkibar saat Ekonomi Lemah

Husen Miftahudin    •    Kamis, 27 Aug 2015 15:47 WIB
investasi
Bisnis Waralaba Mamin Berkibar saat Ekonomi Lemah
Bisnis Franchise di Indonesia. Antara Foto/Aditya Pradana Putra

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelemahan ekonomi nasional tak menyurutkan bisnis waralaba brand makanan dan minuman (food and beverage). Kebutuhan pokok menjadi alasan konsumsi makanan dan minuman diprioritaskan oleh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut diakui Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali), Levita Supit. Menurut dia, pertumbuhan bisnis waralaba food and beverage terus meningkat dan menjadi yang terbesar dibanding bisnis waralaba lainnya.

"Bisnis food and beverage tetap masih direspons baik, meski ada pelemahan ekonomi nasional. Sudah lima tahun ini bisnis food and beverage memang tidak tergoyahkan," ujar Levita di Grand Indonesia Mal, Kamis (27/8/2015).

Brand waralaba yang ada di Indonesia saat ini, papar dia,  paling besar diduduki oleh brand food and beverage sekitar 40 persen. Menyusul kemudian brand bisnis dan jasa sekitar 20 persen, serta sisanya diisi oleh brand bisnis waralaba kecil.

Pelemahan ekonomi, lanjut Levita, justru berpengaruh besar terhadap bisnis waralaba brand properti. Harga yang tak jelas mengingat bahan baku berasal dari impor membuat bisnis waralaba properti di Indonesia mengalami penurunan yang cukup dalam.

"Yang paling jatuh di saat krisis ekonomi sekarang ini justru di bisnis waralaba properti. Banyak pengusaha waralaba yang menahan bisnisnya melihat perkembangan perekonomian nasional saat ini," ungkap Levita.

Menurut Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Amir Karamoy, pemerintah harus mendorong bisnis waralaba dalam negeri. Hal ini karena bisnis waralaba menjadi penopang perekonomian nasional.

"Kami minta pemerintah mendorong bisnis waralaba dalam negeri. Penciptaan lapangan kerja dari bisnis ini membuat perekonomian nasional bakal terdongkrak," tutup Amir.



(SAW)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

5 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA