Karaoke Bareng, Cara Baru Idola Dekatkan Diri dengan Penggemar

Agustinus Shindu Alpito    •    Kamis, 27 Aug 2015 16:28 WIB
Karaoke Bareng, Cara Baru Idola Dekatkan Diri dengan Penggemar
Jessie J (Foto:AFP/Mike Coppola)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepuluh tahun lalu, rasanya mustahil bagi masyarakat awam berkaraoke dengan idolanya yang berada di belahan bumi berbeda. Hal itu kini tak lagi mustahil.

Pengembang aplikasi asal San Frascisco, Smule, mewujudkan impian jutaan penggemar musik di dunia menjadi kenyataan. Lewat aplikasi ponsel pintar yang diberi nama Sing!, Smule berhasil membuat duet unik antara para bintang dengan penggemarnya.

Konsepnya sederhana, para penyanyi mengunggah video karaokenya. Kemudian, video itu memungkinkan para pengguna Sing! bernyanyi dengan gaya dan cara masing-masing, seolah sedang berduet dengan sang idola. Kedua video itu lantas disandingkan untuk memberi kesan menyanyi bareng.

"Kami percaya bahwa musik lebih dari sekadar mendengarkan, tapi juga membuat, berbagi, menemukan, berpartisipasi, dan menghubungkan orang," demikian penjelasan yang tertera di laman Smule.

Salah satu video Sing! yang paling terkenal di jagat maya adalah duet bersama Jessie J. Namun, penyanyi asal Inggris itu bukan satu-satunya yang menyediakan video karaoke berduet dengan penggemar.


Duet Jason Derulo dengan gadis kecil penggemarnya (Youtube)

Ada Jason Derulo, Cody Simpson, dan Lifehouse yang juga berpartisipasi dalam karaoke cara baru ini. Ke depannya, dipastikan konsep ini akan viral. Saat ini saja, Smule telah meraup 125 juta pengguna alias 1,5 persen dari total populasi penduduk dunia.

Mengapa aplikasi ini digemari? Penyebabnya, Sing! memberi pengalaman personal bagi penggemar untuk merasakan kedekatan dengan idola, meski terhalang layar ponsel.

Pada Mei lalu, seorang penyanyi Inggris, Tom Bleasby, dikabarkan mendapat tawaran rekaman setelah duet virtualnya dengan Jessie J memukau khalayak.

Hal serupa juga terjadi di Indonesia. Seorang TKI asal Cilacap, Marya Ismawati, sedang menjadi bahan perbincangan setelah mengunggah video berduet dengan Jessie J.



Dalam kurun waktu dua bulan, video tersebut telah ditonton lebih dari 317 ribu kali. Angka viewers tersebut tercatat pada saat berita ini dilansir.

Perihal aplikasi Sing! yang tengah menjadi primadona ini, Chief Executive Music Apps Smule, Jeff Smith, memberikan penjelasan.

"Kami butuh lebih banyak orang untuk memahami apa yang sedang terjadi saat ini, karena mereka tidak mengerti. Jika Anda adalah seorang artis, bagaimana caranya menghasilkan uang? Anda menghasilkan uang dengan mendekatkan diri dengan penggemar," ujar Smith.

Baca juga: Gadis Asal Cilacap Duet dengan Jessie J

"Kami jejaring sosial yang menyorot kreativitas sebagai konsumsi. Bukan perusahaan karaoke, kami membangun jaringan seputar musik dan kinerjanya. Filosofi kami adalah tidak semua orang mengenyam pendidikan formal musik, tidak semua orang belajar musik, tapi musik adalah tentang siapa diri kita," ungkap Smith, dalam wawancara dengan Music Ally.

Apa yang disebutkan Smith kembali menegaskan bahwa ekosistem yang sedang dibangun bersama Smule seolah menawarkan sesuatu yang baru, tentang bagaimana menghadirkan idola secara personal, yang secara interaktif dapat menjadi teman bernyanyi di rumah.
(ROS)