Biaya IMB akan Dikurangi

Antara    •    Kamis, 27 Aug 2015 16:48 WIB
perumahan
Biaya IMB akan Dikurangi
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan mengurangi biaya izin mendirikan bangunan (IMB) sebesar 95 persen dari harga seharusnya bagi masyarakat melalui sebuah peraturan menteri (permen).

Menurut Tjahjo, Permendagri tersebut dibuat untuk memberikan akses kepada masyarakat menengah ke bawah karena masyarakat menengah ke bawah sulit memiliki rumah. 

“Karena undang-undang mengatur ada biaya khusus untuk IMB. Karena itu saya menyusun Permendagri yang akan memberikan diskon 95 persen untuk IMB," ujar Tjahjo di Gedung UKI, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Dirinya meyakini Presiden Joko Widodo akan menyetujui Permendagri tersebut karena bertujuan untuk memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat.

Selain itu, melalui permen tersebut Kemendagri juga ingin mempersingkat perizinan dalam pembangunan rumah susun untuk masyarakat. "Pembangunan jangan sampai tertunda. Biasanya anggaran ada, investor juga sudah ada tetap terkendala di perizinan," tuturnya.

Tjahjo mengatakan sebuah proyek bisa terkendala selama setahun lebih hanya karena menunggu izin. Seperti pembangunan pembangkit listrik yang izinnya bisa sampai 1,5 tahun.

“Belum lagi menyelesaikan masalah lahan, lingkungan dan lain-lain. Ini harus diperpendek agar pembangunan lebih efektif," ujarnya.



(SAW)