Menteri ESDM: 43 Daerah Perbatasan Sudah Teralirkan Listrik

Husen Miftahudin    •    Kamis, 27 Aug 2015 18:34 WIB
listrik
Menteri ESDM: 43 Daerah Perbatasan Sudah Teralirkan Listrik
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan, dari 50 titik daerah perbatasan yang akan dialiri listrik, sudah 43 daerah yang telah terealisasi. Percepatan pembangunan aliran listrik ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan agar daerah-daerah terluar Indonesia menjadi prioritas utama dalam pembangunan aliran listrik.

"Ada 50 titik di perbatasan yang kita kerjakan, 43 di antaranya sudah nyala di pulau-pulau terdepan. Saumlaki, Miangas, Sabang, Merauke. Jadi itu yang dilaporkan kepada Presiden," kata Sudirman, saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).

Ia melanjutkan bahwa pembangunan listrik di 50 titik perbatasan merupakan bagian dari pembangunan mega proyek kelistrikan sebesar 35 ribu megawatt (mw). Program yang dicanangkan Jokowi tersebut dimaksudkan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat secara merata menikmati listrik.

Sudirman mengakui, masih terdapat tujuh daerah perbatasan yang saat ini belum dapat menikmati listrik. Hal ini karena ketujuh daerah tersebut sedang mengalami kekeringan sehingga pembangkit listrik yang berasal dari tenaga air itu tak mampu beroperasi secara maksimal.

"Kebanyakan karena sungainya mengering, sehingga mesinnya sudah datang tidak bisa diangkut ke titik pemasangan," paparnya.

Maka itu, tambah Sudirman, pihaknya tetap akan berusaha untuk mencari alternatif pembangkit listrik lain agar masyarakat di daerah perbatasan dapat menikmati listrik. Ditargetkan pada akhir tahun ini masyarakat yang ada di tujuh daerah perbatasan tersebut telah menikmati listrik.

"Sebagian besar diesel, karena memang tidak ada jalan lain. Tapi pelan-pelan akan dibuat hybrid dengan memasang (Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). (Targetnya) Insya Allah tahun ini," pungkas Sudirman.


(ABD)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

56 minutes Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA