Emiten BUMN Sudah Ada yang Buy Back Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 27 Aug 2015 18:38 WIB
bumn
Emiten BUMN Sudah Ada yang <i>Buy Back</i> Saham
Garuda Indonesia. MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan sudah ada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melakukan pembelian kembali (buy back) saham.

"Perusahaan BUMN, menurut saya juga sudah ada yang mulai (buy back saham)," kata ‎Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Ketika ditanya nama emiten perusahaan BUMN yang sudah melakukan buy back saham, dia enggan menyebutkan. Hal ini dilakukan demi menjaga kerahasiaan dan tidak akan membuka data mereka dengan valid.

Tito menjelaskan, dana buy back tersebut tidak didapatkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), tetap dari dana kas perusahaan yang tidap digunakan untuk kebutuhan bisnis.

"Bukan dari APBN dan saya yakin juga tidak mengorbankan dana capex (belanja modal) emiten itu. Tapi ini mungkin pakai dana dividen yang belum dibayar atau dana lain yang berlebih," ujarnya.

Sekadar informasi, ‎Menteri BUMN Rini Soemarno, menuturkan perusahaan BUMN yang mendapatkan dana untuk buy back adalah perusahaan yang sahamnya anjlok dalam beberapa waktu belakangan. Keputusan buy back tersebut untuk menyelamatkan saham perusahaan BUMN dari lantai bursa saat kondisi pasar melemah. 


(SAW)