'Gempur' Dolar, BI Koordinasi Antarlembaga Sebulan Sekali

Desi Angriani    •    Kamis, 27 Aug 2015 18:47 WIB
paket kebijakan ekonomi
'Gempur' Dolar, BI Koordinasi Antarlembaga Sebulan Sekali
Gubernur BI Agus Martowardojo -- FOTO: ANTARA/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo akan berkoordinasi antarlembaga setiap satu bulan sekali untuk mendukung mata uang rupiah yang melemah.

"Kita terus bersinergi di level teknis, tetapi nanti biasanya sebulan sekali kita akan ada pembahasan koordinasi antarlembaga," tutur Agus, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Menurut Agus, BI dan pemerintah sepakat bahwa tantangan pelambatan ekonomi memang ada, tetapi tantangan tersebut akan bisa dilewati apabila lembaga-lembaga negara, pemerintah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan lembaga terkait bisa mengeluarkan kebijakan yang konsisten dan kredibel.

"Kemudian kebijakan-kebijakan itu adalah hasil koordinasi pemerintah, BI, dan sektor riil. Serta yang penting kebijakan itu adalah kebijakan yang tepat waktu dan terukur. Itu yang diyakini akan kita lakukan dengan lebih baik," papar dia.

Sebelumnya, Agus Martowardojo bersama dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro diminta Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan perkembangan ekonomi dan moneter terkini.

"Kita memberikan update dari sisi moneter, fiskal, dan Bapak Presiden menjadi lebih up to date tentang hal ini. Karena kondisi yang berkembang terakhir lebih banyak kekhawatiran Amerika menaikkan tingkat bunga," ujar Agus.

Agus juga menyampaikan kondisi Tiongkok yang mendevaluasi yuan yang diikuti penurunan tingkat bunga di Tiongkok yang disertai pertumbuhan eoknomi dunia yang melambat.

"Jadi itu berdampak terhadap Indonesia juga. Jadi kami lebih banyak melaporkan perkembangan ekonomi secara umum dan moneter secara umum," jelas mantan Menteri Keuangan itu.


(AHL)