Kemendag Siapkan Aturan Transaksi Perdagangan E-Commerce

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 27 Aug 2015 19:10 WIB
pesta belanja online
Kemendag Siapkan Aturan Transaksi Perdagangan E-Commerce
Menteri Perdagangan Thomas Lembong (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menyiapkan rancangan Peraturan Pemerintah (PP) tentang transaksi perdagangan melalui elektornik. Dengan adanya aturan tersebut diharapkan akan mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia.

"Dari sisi Kemendag juga kelihatannya sudah ada tim dan upaya untuk bikin rancangan PP tentang transaksi perdagangan melalui elektronik," tutur Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).

Dirinya menjelaskan, aturan tersebut akan mengatur hak dan kewajiban transaksi perdagangan melalui sistem elektronik. Tentunya melalui koordinasi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Bisnis e-commerce diprediksi akan memiliki transaksi mencapai USD25 miliar pada tahun depan. "Diperkirakan e-commerce Indonesia di 2013 sudah USD8 miliar dan akan terus meningkat jadi USD25 miliar di tahun depan. Jadi dalam tiga tahun sudah tiga kali lipat," jelas dia.

Peningkatan jumlah transaksi itu, masih menurut Thomas, juga dibarengi dengan peningkatan jumlah transaksi jual beli yang dilakukan melalui transfer perbankan. "Menurut data kami, sistem pembayaran untuk jual beli di e-commerce sebanyak 57 persen melalui transfer bank, 28 persen cod (cash on delivery), tujuh persen kartu kredit," pungkas dia.


(ABD)