Ini Kriteria yang Dicari Pansel dari 19 Capim KPK

Al Abrar    •    Kamis, 27 Aug 2015 19:25 WIB
capim kpk
Ini Kriteria yang Dicari Pansel dari 19 Capim KPK
Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) Destry Damayanti (tengah), Juru Bicara Pansel Betti Alisjahbana (kiri) dan Anggota Pansel Enny Nurbaningsih mewawancarai Capim KPK Jimly Asshiddiqie saat sesi wawancara

Metrotvnews.com, Jakarta: Seleksi wawancara tahap akhir Calon Pimpinan (Capim) KPK telah selesai dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK di Gedung Sekretariat Kabinet kemarin, Rabu 26 Agustus. Ada 19 capim yang ditanyai 9 srikandi pansel tersebut.

Ketua Tim Pansel KPK Desty Damayanti mengungkapkan, para calon pimpinan lembaga antirasywah tersebut harus memiliki 5 kriteria untuk lolos dari seleksi wawancara.

"Ada 5 kriteria yaitu integritas, kompetensi, leadership (kepemimpinan), independensi dan pengalaman kerja agar memberikan kontribusi kepada KPK nanti," kata Desty, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Secara keseluruhan capim yang diuji kemarin memenuhi 5 kriteria yang disebutkan Destry. Namun, setiap capim memiliki kelebihan dan kekurangan dalam kriteria yang ditetapkan.

"Secara umum semua sudah memenuhi. Tapi kan ada plus minus. Ada seorang yang bagus di integritas, tapi agak kurang misalnya di kompetensi dan pengalaman kerja," ujar Destry.

Selain 5 kriteria tersebut, masalah kesehatan dari para capim juga diperhatikan. Penilaian 5 kriteria akan digabung dengan catatan kesehatan capim pada Jumat 28 Agustus. "Besok kita juga akan menerima laporan kesehatan," lanjut Destry.


(SUR)