Agar Jera, Sumsel Umumkan Penunggak Pajak di Media

Intan fauzi    •    Kamis, 27 Aug 2015 20:27 WIB
pajak kendaraan
Agar Jera, Sumsel Umumkan Penunggak Pajak di Media
Ilustrasi petugas Samsat memberikan keterangan kepada warga -- MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Palembang: Banyak warga yang menunggak pajak di Sumatera Selatan. Ingin ciptakan efek jera ke penunggak pajak, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memilih untuk mengumumkan nama para penunggak ke media lokal.

"Kita umumkan di media lokal," kata Kepala Dispenda Sumsel, Muslim, di kantornya, Jalan POM IX, Palembang, Sumsel, Kamis (27/8/2015).

Dispenda pun sudah lama berkonsultasi dengan komisi penyiaran terkait masalah ini. "Jadi ini bukan mempermalukan tapi memang tidak bayar. Jadi persuasif diumumkan," sambungnya.

Selain melalui media lokal, petugas Samsat Sumsel juga langsung mendatangi kediaman si penunggak. Cara tersebut sudah berjalan semenjak tahun 2012.

"Tagihan door-to-door sudah berlangsung. (Petugas) dikasih uang dinas untuk door-to-door mendatangi yang penunggak," jelasnya.

Memang banyak cara dilakukan oleh Samsat Sumsel agar penerimaan pajak kendaraan bermotor dapat memenuhi target. Beberapa cara lainnya melalui pengumuman ke kepala-kepala daerah dimana si penunggak tinggal.

"Kemudian saya minta koordinasi dengan pemerintah setempat. Dari Kepala Desanya bahkan. Nanti di kelurahan bisa diberi pengumuman yang menunggak, tapi petugas kelurahan tidak ikut memungut pajak," ujar Muslim.

Terakhir cara yang paling konvensional ialah melakukan razia di beberapa titik. "Lalu dengan Jasa Raharja dan Kepolisian razia di jalan-jalan tapi petugas pajak tidak ikut di jalan," pungkasnya.


(SUR)

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

23 minutes Ago

Jakarta: Terdakwa korupsi pengadaan KTP elektronik tahun anggaran 2011-2013 Andi Narogong memba…

BERITA LAINNYA