Play-off Liga Europa 2015--2016

Bantai Wakil Norwegia, Dortmund Melaju ke Babak Utama Liga Europa

Hilman Haris    •    Jumat, 28 Aug 2015 03:37 WIB
liga europa
Bantai Wakil Norwegia, Dortmund Melaju ke Babak Utama Liga Europa
Para pemain Dortmund merayakan keberhasilan lolos ke Liga Europa 2015--2016 (PATRIK STOLLARZ / AFP)

Metrotvnews.com, Dortmund: Borussia Dortmund berhasil melaju ke babak utama Liga Europa 2015--2016 usai menang 7-2 atas  ODD Ballklubb, di Stadion Signal Iduna Park Jumat 28 Agustus. Secara keseluruhan, Dortmund berhasil mengalahkan sang lawan dari Nowergia dengan agregat 11-5. 

Walau kalah telak, ODD sempat memberikan perlawan sengit pada laga ini. Buktinya, mereka mampu unggul lebih melalui sepakan Jorgen Halvorsen pada menit ke-19. 

Akan tetapi, gol tersebut ternyata melecut para pemain Dortmund untuk menambah daya gedor. Setelah berkali-kali melakukan gempuran, Dortmund akhirnya mampu mencetak gol pertama pada menit ke-25 melalui aksi individu Henrikh Mkhitaryan. 

ODD tak berdaya setelah gol itu tercipta. Hanya dalam tempo 15 menit, mereka dibobol tiga kali oleh para penggawa Dortmund. Gol kedua yang diterima ODD dibuat oleh Marco Reus pada menit ke-27. Lima menit kemudian, Reus kembali melesakkan bola ke dalam gawang guna menambah keunggulan Die Roten menjadi 3-1. Dortmund berhasil unggul 4-1 pada babak pertama berkat gol Sinji Kagawa pada menit ke-40.


Serangan Dortmund tak mengendur pada babak kedua. Hasilnya, Dortmund mampu mencetak gol kelima pada laga ini hasil dari tembakan Ilkay Gundogan pada menit ke-51.

Reus melengkapi performa apiknya pada laga ini dengan torehan hattrick pada menit ke-57. Ketika itu, Reus mampu memasukkan bola ke gawang setelah melakukan kolaborasi dengan Gundogan serta Mkhitaryan. 

Penggawa ODD, Oliver Berg sempat mengejutkan tuan rumah dengan mencetak gol kedua timnya pada menit ke-64. Nahas bagi Berg. Gol tersebut tak mampu membuat mental rekan-rekannya meningkat. Justru, Dortmund sanggup menghasilkan gol ketujuh jelang laga berakhir.   

Gol ketujuh Dortmund yang dicetak Kagawa berawal dari kesalahan pemain ODD menyapu bola di luar kotak penalti. Bola yang bergerak liar mampu dicuri Pierre-Emerick Aubameyang dan dioper ke Kagawa. Tanpa pengawalan ketat, eks Manchester United itu dengan mudah mengelabui kiper lawan dan memasukkan bola ke dalam gawang. 

Kemenangan tersebut membuat Dortmund berhak mendapatkan  satu tiket ke fase grup Liga Europa musim ini. Dengan demikian, Jerman memiliki tiga wakil di fase grup. Selain Dortmund, Augsburg dan Schalke 04 sudah lebih dulu mengamankan tiket  babak penyisihan Liga Europa usai menempati posisi kelima dan keenam Bundesliga 1 2014--2015.

Susunan Pemain
Dortmund: Weidenfeller; Ginter, Sokratis (Piszczek 64'), Hummels, Schmelzer; Weigl, Guendogan (S. Bender 66'); Hofmann, Kagawa, Mkhitaryan (Aubameyang 65'); Reus.

ODD: Rossbach; Hurme, Bergan, Hagen, Grogaard; Nordkvelle (Gashi 65'), Jensen, Berg; Halvorsen, Occean (Ulrik Flo 46'), Zeknini (Akabueze 76').


(HIL)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

9 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA