50 Hektare Hutan Gunung Sindoro Terbakar

Tri Kurniawan    •    Jumat, 28 Aug 2015 10:56 WIB
kebakaran
50 Hektare Hutan Gunung Sindoro Terbakar
Api menjalar di sisi timur Gunung Lawu terlihat dari Alun-alun Magetan, Jawa Timur, Selasa malam 25 Agustus 2015. Antara Foto/Siswowidodo

Metrotvnews.com, Wonosobo: Kawasan hutan di lereng Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terbakar sejak Kamis siang 27 Agustus. Hingga saat ini, petugas dari Perum Perhutani berusaha memadamkan api secara manual.

Kepala Urusan Komunikasi Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara, Herman Sutrisno, mengatakan kebakaran terjadi di Petak 18C di wilayah Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

"Vegetasi yang terbakar berupa semak belukar, kawasan yang terbakar diperkirakan 50 hektare," kata Herman, Jumat (28/8/2015).

(Klik: Hutan Gunung Merbabu Terbakar, Warga Buat Parit)

Saat api melahap semak belukar, ada tiga pendaki dari Universitas Sains Alquran (Unsiq) Wonosobo, yang terjebak. "Ketiga pendaki pada Jumat pagi sekitar pukul 04.30 WIB sudah dievakuasi dalam kondisi sehat," ujarnya.

(Klik: Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup)

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Temanggung, Cahyono, mengatakan untuk mengantisipasi kebakaran itu merambat ke wilayah Temanggung, sejumlah petugas dari RPH Kwadungan bersiaga di perbatasan.


Titik api yang membakar hutan di Gunung Kawi tampak dari Desa Merjosari, Malang, Jawa Timur, Minggu malam 12 Juli 2015. Antara Foto/Ari Bowo Sucipto

Ia mengatakan kebakaran tersebut berbatasan dengan Petak 10F di Dusun Sibajak, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto.

(Klik: Kebakaran Gunung Ciremai Capai Blok Pengasinan)

Baru-baru ini, kebakaran hutan juga terjadi di Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Gunung Slamet, Gunung Ciremai, dan Gunung Guntur. Petugas sempat menutup pendakian ke gunung tersebut.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA