Pakar IT Ruby Alamsyah Sebut Biaya Pembuatan Situs Revolusi Mental Tidak Masuk Akal

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 28 Aug 2015 11:40 WIB
internet
Pakar IT Ruby Alamsyah Sebut Biaya Pembuatan Situs Revolusi Mental Tidak Masuk Akal
Biaya pembuatan situs Revolusi Mental dinilai Pakar IT tidak masuk akal

Metrotvnews.com: Kasus situs Revolusi Mental terus menjadi bahan perbincangan masyarakat di internet. Situs yang dikabarkan menelan biaya hingga Rp140 miliar tersebut menjadi kontroversi karena diduga menjiplak situs Presiden AS, Barack Obama, dan menggunakan layanan hosting yang tidak sesuai dengan biaya yang dianggarkan. Dalam Trending Topic edisi 26 Agustus 2015 kemarin, pakar IT Ruby Alamsyah mengatakan, biaya pembuatan situs revolusi mental tidak masuk akal.

"Logikanya sih enggak masuk akal kalau buat website saja sampai seperti itu," ujar Ruby.

Menurut Ruby, membuat sebuah website sejatinya hanya menghabiskan biaya puluhan juta rupiah saja, tidak sampai miliaran atau bahkan ratusan miliar rupiah. Ruby mengatakan, pihaknya telah melakukan analisis terhadap website Revolusi Mental yang juga sempat diretas sekelompok hacker yang identitasnya telah terlacak.

Dari hasil analisisnya, diketahui bahwa hacker tersebut kebanyakan menyerang situs web yang menggunakan aplikasi open source alias gratis. Sementara itu, Asisten Deputi Kebudayaan Kemenko PMK Herbin Manihuruk menjelaskan, dana sebesar Rp140 miliar tersebut belum digunakan untuk membuat website Revolusi Mental. Meskipun demikian, Herbin mengakui bahwa memang ada dana sebesar Rp140 miliar yang disiapkan dalam APBN 2015.


(ABE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA