Xiaomi Mau Buat Prosesor Sendiri, Qualcomm Bisa Tambah Rugi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 28 Aug 2015 13:27 WIB
xiaomi
Xiaomi Mau Buat Prosesor Sendiri, Qualcomm Bisa Tambah Rugi
Xiaomi dikabarkan akan membuat prosesor sendiri. (AP Photo/Ng Han Guan)

Metrotvnews.com: Kemarin, Kamis (27/8/2015), muncul laporan yang menyebutkan bahwa Xiaomi berencana untuk membuat prosesor sendiri untuk ponsel kelas menengah bawah milik mereka di tahun 2016. Rumor ini sempat muncul beberapa minggu lalu.

Rumor ini cukup penting karena Xiaomi merupakan perusahaan smartphone terbesar di dunia. Jika mereka mereka melakukan perubahan pada model bisnis, maka hal ini akan mempengaruhi perusahaan-perusahaan lain yang terkait, termasuk produsen prosesor.

Seperti yang disebutkan oleh Venture Beat, rumor ini bisa berdampak langsung pada Qualcomm. Saat ini Qualcomm adalah penyedia prosesor untuk smartphone kelas menengah keatas milik Xiaomi. Beberapa produk Xiaomi yang menggunakan prosesor Qualcomm antara lain adalah Mi 4i dengan Snapdragon 615 dan Mi Note Pro yang menggunakan Snapdragon 810.

Sementara itu, smartphone kelas bawah milik Xiaomi menggunakan prosesor buatan MediaTek. Jika Xiaomi membuat prosesor sendiri, maka mereka dapat menekan harga gadget buatan mereka, seperti yang mereka lakukan pada Redmi 2A yang memiliki harga USD96. Redmi 2A menggunakan prosesor LC1860, yang merupakan buatan Pine Cone Electronics milik Xiaomi, dan Leadcore Technology. Prosesor LC1860 hanya diharga USD4 per buah, sementara prosesor buatan Qualcomm pada kelas yang sama dihargai dua kali lipatnya, USD8.

Belum lama ini, Qualcomm telah mengumumkan hasil laporan keuangan mereka di kuartal 2, yang mereka akui mengalami kerugian dan terpaksa memecat karyawan. Sama seperti perusahaan teknologi lainnya, kesalahan Qualcomm adalah karena mereka terlalu menggantungkan diri pada penjualan di Asia.

Berdasarkan data yang didapatkan pada bulan Juli lalu, sebesar 84 persen penjualan tahunan Qualcomm berasal dari Asia. Tidak diragukan lagi, Xiaomi adalah salah satu klien terbesar mereka. Meskipun begitu, Xiaomi bukanlah satu-satunnya perusahaan yang berhenti menggantungkan diri pada Qualcomm. Samsung, perusahaan raksasa asal Korea Selatan, juga telah memutuskan berhenti menggunakan prosesor Qualcomm dan mulai menggunakan prosesor buatan mereka sendiri untuk smartphone flagship mereka, Samsung Galaxy S6.

Tidak tertutup kemungkinan, Xiaomi juga akan meniru langkah Samsung dan mengembangkan prosesor untuk smartphone flagship mereka sendiri. Meskipun begitu, Xiaomi tampaknya masih akan menggunakan prosesor buatan Qualcomm untuk gadget kelas atas mereka. Xiaomi Mi 5, yang dikabarkan akan diluncurkan pada bulan November mendatang, disebutkan menggunakan Snapdragon 820.


(ABE)

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

2 hours Ago

KPK menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka koru…

BERITA LAINNYA