Pemerintah Bakal Atur Tata Kota Selesaikan Kemacetan

Husen Miftahudin    •    Jumat, 28 Aug 2015 13:36 WIB
kemacetan
Pemerintah Bakal Atur Tata Kota Selesaikan Kemacetan
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring peningkatan transportasi yang ada di Indonesia membuat beberapa kota-kota besar terjadi kemacetan. Tak hanya itu, tingginya arus logistik dan perniagaan pun menyumbang besar terhadap kemacetan yang ada di jalan-jalan ibukota, khususnya Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Perekonomian , Edy Putra Irawady mengatakan, berjubelnya Jakarta terhadap kendaraan membuat pemerintah mengambil tindakan untuk membenahinya. Caranya, yakni dengan terlebih dahulu mengatur tata kota agar tingginya jumlah kendaraan seimbang dengan jumlah jalan yang ada.

"Kecepatan dinamika apalagi sekarang dengan Information and Communication Technologies (ICT), e-commerce artinya kegiatan perniagaan di dalam kota semakin crowded. Kita harus punya pilhan karakter apakah misalnya tetapkan jam, lokasi apakah moda transportasi," ujar Edy dalam seminar logistik nasional di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/8/2015).

Menurut dia, perencanaan yang matang terhadap pembenahan kota merupakan langkah tepat untuk menghindari terjadinya kemacetan di Jakarta. Tak hanya itu, menata kota besar juga berdampak langsung terhadap pembenahan kondisi lingkungan yang. Lebih baik.

"Ini bukan hanya efisiensi logistik, tetapi juga lingkungan. Perencanaan (tata kota) Jakarta tak kelihatan, di sisi lain terjadi peningkatan aktivas logistik sehingga transportasi darat semakin semrawut," paparnya.

Maka itu, untuk mengatasi permasalahan kemacetan, pihaknya menginisiasi kepada pemerintah daerah untuk membenahi tata kota terlebih dahulu. Meski usulan tersebut sedang dalam penggodokan, namun Edy meyakini jika telah mengatur tata kota maka transportasi dan arus logistik akan semakin lancar.

"Ini kan membuat suatu model bagaimana suatu sistem yang mendukung keputusan dalam melakukan tata ruang untuk membuat manajemen angkutan darat. Kita tahu Jakarta, ramainya ini dibuat modelnya, ada saran disampaikan. Bagaimana sebaiknya suatu logistik sistem manajemen transportasi Jakarta," pungkas Edy.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA