Prolegnas Prioritas Mangkrak, Fadli Zon Salahkan Konflik Koalisi di DPR

Al Abrar    •    Jumat, 28 Aug 2015 16:00 WIB
dpr
Prolegnas Prioritas Mangkrak, Fadli Zon Salahkan Konflik Koalisi di DPR
Fadli Zon. Foto: Reno Esnir/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon membantah pembahasan RUU Program Legislasi Nasional Priotitas mangkrak. Menurut Fadli, proses legislasi tersebut terlambat akibat terbelahnya DPR menjadi dua kubu, Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih.

"Tidak mangkrak, sebab dalam penyusunan dan pembahasan kita kan memang mulainya agak terlambat karena waktu itu ada perbedaan-perbedaan. Saya kira pada masa sidang ini akan menghasilkan sejumlah undang-undang," kata Fadli di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Alasan lain minimnya produktivitas DPR dalam fungsi legislasi, kata Fadli, lantaran dewan menyesuaikan kebutuhan publik dan peraturan yang sekiranya diperlukan. DPR, kata dia, lebih mengedepankan kualitas dibanding kuantitas.

"Kita orientasinya kualitatif dong, karena kita ini bukan pabrik UU. Kita membuat UU sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Terpisah, peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus menyebut, tak ada yang patut diapresiasi kerja DPR peroide 2014-2019. Itu karena dari catatan Formappi, hanya dua Undang-undang yang disahkan oleh DPR yaitu Pilkada dan Pemda.

"Formappi mencatat belum ada hasil yang patut diapresisasi, target yang disepakati sejauh ini belum dikatakan sukses," ujar Lucius melalui sambungan telepon.

Klaim kinerja DPR 2015 telah menjalankan fungsi dengan baik, juga dikritisi oleh Lucius, menurut dia, belum ada kinerja yang patut dibanggakan kepada dewan. Apalagi, adanya keinginan legislator untuk membangun tujuh megaproyek DPR.

DPR hanya cenderung memikirkan diri pribadi, buktinya lebih cenderung keinginan membangun tujuh pembagunan poyek serta mengolkan dana aspriasi (UP2DP).


(KRI)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA