Pertamina akan Bangun Infrastruktur di Lahan Milik KAI

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 28 Aug 2015 17:40 WIB
pertamina
Pertamina akan Bangun Infrastruktur di Lahan Milik KAI
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) masih mengalami kendala dalam pembangunan infrastruktur untuk distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM). Diharapkan persoalan tersebut bisa selesai dengan adanya kerja sama bisnis antara Pertamina dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto tak menampik memang ada beberapa kendala dalam pembangunan infrastruktur tersebut. Salah satu permasalahan utama adalah permasalahan ketersediaan lahan. Namun, dengan kerja sama yang terjalin, Pertamina akan membangun infrastruktur pipa gas bumi Gresik-Semarang dan pipa BBM di lahan milik KAI.

"Pertamina butuh distribusi lewat pipa dan selalu problem adalah lahan. Kalau KAI bisa bawa itu, itu sangat bagus. Distribusi elpiji, gas, dan BBM dengan sinergi ini. Potensi sangat bagus. Kita akan perbaiki moda distribusinya," kata Dwi, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Ia menjelaskan kerja sama pembangunan pipa ini akan dilakukan di lahan milik KAI yakni sepanjang 90 kilometer (km) mulai dari Gresik hingga Semarang. Lalu, Pertamina juga akan membangun infrastruktur pipa BBM Cilacap-Yogyakarta dan Cilacap-Bandung dan right of way distribution BBM dengan menggunakan kereta api dari Tuban hingga Surabaya.

"Kita lihat potensi yang besar di situ. Pertamina memang ditugaskan untuk menyalurkan energi ke seluruh pelosok Indonesia dan ini sangat erat berhubungan dengan KAI," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan dengan adanya kerja sama ini nantinya akan membantu Pertamina untuk lebih efisien dari segi waktu pengangkutan dan efisiensi biaya. "Dampak dari kerja sama ini sejalan dengan apa yang Presiden Jokowi minta yaitu efisiensi biaya," pungkas dia.


(ABD)