September, RI Tuan Rumah Konferensi Internasional Keuangan Asia

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 28 Aug 2015 19:23 WIB
keuangan
September, RI Tuan Rumah Konferensi Internasional Keuangan Asia
Gubernur BI Agus Martowardojo (FOTO ANTARA/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menjelaskan bahwa BI bersama IMF bakal menggelar agenda konferensi internasional bertajuk Keuangan Asia di Masa Mendatang atau The Future of Asia's Finance. Rencananya konferensi tersebut bakal digelar pada 1-2 September 2015.

Nantinya, tambah Agus, The Future of Asia’s Finance pada 1-2 September 2015 itu akan diselenggarakan di Jakarta dan mengangkat tema Tantangan Ekonomi Global dan Implikasinya bagi Para Pembuat Kebijakan di Asia.

Agus menjelaskan, tema tersebut merupakan representasi dari kondisi saat ini, mengingat kawasan Asia sedang mengalami tantangan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah meningkatnya risiko gejolak di sektor keuangan global.

"Diharapkan dapat berkontribusi pada upaya peningkatan pembiayaan investasi infrastruktur sehingga dapat mendukung pelaksanaan program prioritas pembangunan Pemerintah Indonesia," terang Agus, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Menurutnya, join BI-IMF ini telah direncanakan sejak setahun yang lalu. Indonesia dipilih sebagai tuan rumah konferensi karena dianggap berhasil keluar dari krisis Asia 1998 dan dapat mempertahankan kinerja ekonominya di tengah ketidakpastian global.

Kerja sama konferensi ini nantinya akan dihadiri oleh pimpinan dan pejabat tinggi dari beberapa bank sentral negara anggota IMF. Dan yang sudah memberikan konfirmasi kehadiran antara lain bank sentral Srilanka, Jepang, Laos, India, dan Kamboja, lembaga think thank, dan pelaku pasar keuangan.


(ABD)