Impor Sapi Indukan Solusi Percepat Swasembada Daging

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 28 Aug 2015 19:35 WIB
impor sapi
Impor Sapi Indukan Solusi Percepat Swasembada Daging
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Muladno mengatakan jumlah impor sapi indukan harus diperbanyak jika ingin mempercepat mewujudkan swasembada daging.

Menurut Muladno, hal itu sudah disampaikan kepada Menko Perekonomian Darmin Nasution kemarin. Menurutnya dengan populasi sapi yang kurang saat ini akan sulit untuk mewujudkan swasembada daging.

"Kemarin waktu rapat di Kemenko saya sudah katakan ke Pak Darmin. Saya katakan bahwa kalau ingin mempercepat swasembada, harus dipercepat dan diperbanyak juga impor sapi indukannya. Sapi indukan makin banyak makin cepat berswasembada," ungkap Muladno, saat ditemui di Kantor Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2015).

Namun demikian, sampai dengan sekarang ini dirinya belum bisa menyebutkan siapa yang nantinya akan mengimpor. Menurut dugaannya yang akan melakukan impor sapi indukan adalah Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Kemungkinan besar pemerintah. Harus pemerintah. Melaluinya, itu belum dibicarakan. Tapi kemungkinan Bulog memang. Lewat Bulog," ujar Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan itu.

Muladno menambahkan, dalam melakukan impor sapi indukan akan ada mekanismenya. Pihak Kementan mengusulkan yang melakukan impor itu adalah negara dengan dana dari APBN. "Kami mengusulkan kemarin yang mengimpor itu negara dengan uangnya APBN. Tapi pakai budget-nya Bulog," pungkas Muladno



(ABD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

2 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA