Tan Joe Hok Dianugerahi Gelar Empu Bulu Tangkis

Alfa Mandalika    •    Minggu, 30 Aug 2015 05:38 WIB
bulu tangkis
Tan Joe Hok Dianugerahi Gelar Empu Bulu Tangkis
Tan Joe Hok (Tengah). (Foto: Ant/Puspa Perwita Sari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkat ukiran prestasinya yang mengharumkan nama Indonesia, mantan pebulu tangkis  Tan Joe Hok mendapatkan gelar Empu Bulutangkis dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Dalam rangka Gerakan Kebanggan Nasional, MURI menganugerahkan gelar kehormatan kepada mantan atlet berusia 78 tahun tersebut.

 Pemberian penghargaan berlangsung di Balairung Jaya Suprana Institute, Mall of Indonesia, Sabtu 29 Agustus. Kepala BIN RI yang juga mantan Ketua Umum PP PBSI Sutiyoso, memberikan langsung piagam penghargaan kepada Joe Hok. Dalam acara ini turut hadir Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan, serta para mantan pemain bulutangkis seperti Liem Swie King, Lius Pongoh, Susi Susanty, Alan Budikusuma, Hariyanto Arbi dan Denny Kantono.

 “Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada saya, walaupun saya sudah lama tak main bulu tangkis, tetapi orang masih mengingat prestasi saya,” ujar Joe Hok.

“Soal gelar empu bulutangkis, saya ingin membagi gelar ini kepada rekan-rekan saya yang sudah tiada. Karena sukses itu tidak dapat diraih sendiri, jadi saya hanyalah sebagian kecil dari sukses bulu tangkis di masa lalu,” imbuhnya.

“Saya berharap ini menjadi motivasi pemain yang lebih muda. Bulu tangkis mungkin saja tidak selamanya dimainkan di olimpiade, berbeda dengan All England atau Kejuaraan Dunia, ada kekhawatiran bulu tangkis tergeser cabang olahraga lain di olimpiade. Tapi selagi masih dimainkan, berusahalah sebaik mungkin karena sekarang olimpiade adalah titik tertinggi kejuaraan bulu tangkis,” ujarnya.

 Nama Joe Hok memang sudah tak asing lagi di dunia perbulutangkisan Indonesia. Di era keemasannya, Joe Hok merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik negeri ini. Ia merupakan salah satu anggota tim inti yang berhasil memboyong Piala Thomas pada tahun 1958. Setelah gantung raket, Joe Hok hingga kini tetap berperan dalam memajukan bulu tangkis Indonesia, saat ini ia tercatat sebagai anggota Dewan Penasihat PBSI.

"Selamat atas gelar Empu Bulutangkis yang diberikan kepada Tan Joe Hok. Prestasi beliau di masa lampau serta kontribusi yang luar biasa bagi perkembangan bulutangkis Indonesia memang patut diapresiasi. Semoga Indonesia akan punya Tan Joe Hok- Tan Joe Hok selanjutnya yang juga bakal mengharumkan nama bangsa," kata Gita Wirjawan.

 


(ASM)