Pengamat Sebut Bom di Kalimalang Terinspirasi Bom Bangkok

Wanda Indana    •    Minggu, 30 Aug 2015 05:43 WIB
bom di kalimalang
Pengamat Sebut Bom di Kalimalang Terinspirasi Bom Bangkok
Pengamat Terorisme Mardigu Prasantyo (Kemeja Putih). Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Penemuan bom di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur, memiliki kesamaan dengan peristiwa ledakan bom di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu. Pengamat terorisme, Mardigu Prasantyo menduga bom Kalimalang digunakan untuk menyerang pusat keramaian di dekat lokasi penemuan bom.

"Bom itu untuk penyerangan, itu dugaan saya. Mirip-mirip lah sama di Bangkok, terinpirasi. Tapi kalau di Bangkok bom yang ditemukan berjenis TNT, beda sama yang ini. Kalau bom di Kalimalang itu cuma bom pipa bisa dibilang mercon lah, tapi bahaya juga kalau dia pakai bahannya banyak," kata Mardigu saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (30/8/2015).

Mardigu menjelaskan, motif peledakkan bom rakitan di Kalimalang juga sama dengan peristiwa ledakan dan penemuan bom di wilayah perbatasan Jakarta.

"Motifnya sama yang kayak di Depok atau daerah perbatasan lain, menghajarnya di mal atau di tempat-tempat banyak orang. Bomnya kecil tapi mengganggu, ini kalau kita sebut bom pipa atau bom lontong, karena kecil tapi bisa membunuh," jelas dia.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu 29 Agustus kemarin, sebuah bom ditemukan di pinggir kali dekat Mal Cipinang. Saat itu, warga setempat Bondan dan Hasan yang hendak memasang tiang panjat pinang menemukan sebuah bingkisan yang berisi bom.

Penemuan bom tersebut tidak membuat warga takut dan resah. Pantauan Metrotvnews.com, terlihat belasan pemuda melakukan persiapan merayakan acara 17-an di lokasi kejadian, tenda-tenda didirikan untuk persiapan acara. Tak ada raut cemas di wajah para pemuda, mereka terlihat bersemangat mempersiapkan acara.

"Kenapa mesti takut merayakan 17-an karena bom, dulu aja sampai korban nyawa kok," celetuk Wagiman salah seorang warga.


(DRI)