Anak Muda Kota Solo Diajak Promosikan Pariwisata di Medsos

Pythag Kurniati    •    Minggu, 30 Aug 2015 10:07 WIB
pariwisata indonesia
Anak Muda Kota Solo Diajak Promosikan Pariwisata di Medsos
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri Grand Final Putra-Putri Solo 2015. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak anak-anak muda Kota Solo ambil bagian dalam promosi pariwisata di kotanya. Menurutnya, kelebihan anak muda yang mengenal teknologi dapat menjadi cara ampuh menarik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

“Gunakan Instagram, Facebook atau Twitter. Itu mudah, murah, dan langsung membahana. Saya sarankan anak-anak muda setidaknya satu minggu sekali promosikan event Kota Solo,” katanya usai menghadiri Grand Final Putra-Putri Solo 2015, di Komplek Balaikota Surakarta, Sabtu (29/08/2015) malam.

Menpar yang malam itu tampil dengan busana beskap Jawa mengungkapkan bukan hal yang sulit mempromosikan Solo, mengingat kota ini merupakan kota budaya. Selain itu, Kota Solo memiliki 62 kalender acara budaya dalam setahun.

“Itu artinya kan paling tidak dalam satu minggu ada satu acara yang bisa dipromosikan melalui jejaring sosial,” imbuhnya.

Kota Solo merupakan satu dari tiga kota strategis tujuan wisata di Jawa Tengah. Menpar menargetkan Solo, Yogyakarta dan Semarang (Joglosemar) mampu menarik sedikitnya dua juta wisatawan hingga 2019.

“Saat ini, wisman (wisatawan mancanegara) Kota Solo sekitar 40 ribu. Wisnus (wisatawan nusantara) empat ribu. Carrying capacity-nya (kapasitas kota) sebenarnya cukup. Yang harus kita genjot bagaimana menarik wisman lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Perbandingan pendapatan pariwisata dari wisatawan mancanegara, menurut Arief, 12 kali lipat dari pendapatan wisatawan domestik. Oleh karena itu, Menpar tengah giat melakukan promosi bagi wisman untuk mengunjungi Indonesia.

“Untuk menjangkau seluruhnya dibutuhkan promosi besar-besaran. Salah satunya dengan jejaring sosial dari anak-anak muda Kota Solo,” ujarnya.


(UWA)