Wisata Joglosemar Ditarget Raup Pendapatan Rp26 Triliun

Pythag Kurniati    •    Minggu, 30 Aug 2015 10:21 WIB
pariwisata indonesia
Wisata Joglosemar Ditarget Raup Pendapatan Rp26 Triliun
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri Grand Final Putra-Putri Solo 2015. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan bisa meraup pendapatan Rp26 triliun dari pariwisata di Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Artinya, di tiga wilayah di Jawa Tengah itu minimal harus menarik dua juta wisatawan hingga 2019 mendatang.

“Target nasional kita untuk kunjungan wisatawan di Indonesia adalah 20 juta. Joglosemar dengan potensi wisata yang luar biasa seharusnya bisa lebih dari dua juta wisawatan,” kata Arief usai menghadiri acara Grand Final Putra-Putri Solo, di Komplek Balaikota Surakarta, Sabtu (29/8/2015) malam.

Menpar mengungkapkan, jika hanya satu kota, target itu sulit dicapai. Namun dengan daya tarik budaya dari ketiga wilayah itu, dia optimistis target tersebut terpenuhi.

“Kalau Solo sendiri kemudian Yogyakarta sendiri dan Semarang sendiri, agak sulit memenuhi target. Setelah kita lakukan diskusi, seminar, dan workshop, akhirnya kita putuskan tiga titik ini kita jadikan satu,” ujarnya.

Untuk memenuhi target itu, Arief berencana membangun infrastruktur yang strategis. ”Pembangunannya, ya nanti akan ada bandara internasional. Ada tol yang langsung ke titik destinasi wisata,” katanya.

“Melihat Angkor Wat (candi di Kamboja), hanya satu tempat bisa dikunjungi 2,5 juta (wisatawan). Maka kita pun optimistis Joglosemar dengan daya tariknya, target (2 juta wisatawan) bisa terpenuhi," kata Arief.


(UWA)