DPP PAN Bakal Koordinasi Soal Keputusan KPUD Surabaya

Surya Perkasa    •    Minggu, 30 Aug 2015 14:45 WIB
pilkada serentak
DPP PAN Bakal Koordinasi Soal Keputusan KPUD Surabaya
Ketua DPP PAN Yandri Susanto -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasangan calon Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid yang diusung Demokrat dan PAN dinyatakan gagal maju Pilkada Surabaya karena tersangkut masalah administrasi. DPP PAN langsung berkoordinasi dengan dengan pengurus daerah terkait putusan KPUD Surabaya ini.

"DPP sedang berkoordinasi dengan rekan-rekan di Surabaya dan Jawa Timur. Kita akan cari tahu yang sebenarnya terjadi di verifikasi itu apa," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto ketika dihubungi, Minggu (30/8/2015).

PAN secara umum dapat menghargai seluruh keputusan dan kebijakan tim verifikasi administrasi dan KPUD Surabaya dalam memutuskan pasangan yang dapat lolos atau tidak. Sebab, kewenangan mereka ini sudah diatur dalam UU Pilkada dan Peraturan KPU (PKPU).

Walau demikian PAN tetap akan mengambil sikap sesuai dengan prosedur, karena Rasiyo-Dhimam merupakan pasangan yang mereka rekomendasikan.

"Karena PAN memberikan rekomendasi kepada salah satu pasaangancalon yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, tentu kami akan mengambil langkah yang taktis dan strategis," kata Anggota Komisi II DPR ini.

Saat ini DPP PAN dan pengurus tingkat daerah akan mengumpulkan data dan informasi terkait gagalnya Rasiyo-Dhimam mencalonkan diri.

"Sekarang PAN akan mencoba mencari tahu dulu, mengumpulkan data-data. Sebenarnya salahnya dimana," pungkas dia.



(SUR)