Balap Mobil

FIA Siap Uji Penutup Kokpit pada Mobil Formula One

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 01 Sep 2015 09:35 WIB
balap mobil
FIA Siap Uji Penutup Kokpit pada Mobil Formula One
FIA akan melakukan engujian penutup kokpit. Autoguide

Metrotvnews.com: Pembalap Wilson tewas setelah terkena puing-puing dari kecelakaan tunggal mobil di perlombaan IndyCar di Pocono. Felipe Massa juga pernah mengalami koma akibat insiden lontaran komponen dari mobil didepannya yang mengenai tepat pelipis kepalanya tahun 2009 lalu.

Banyaknya insiden seperti ini, membuat FIA yang merupakan badan tertinggi balap mobil dunia mulai membicarakan tentang kemungkinan penggunaan kokpit tertutup pada mobil Formula One. Bukti yang paling menyedihkan ketika Surtees tewas menabrak ban yang melayang ke udara.

Selama beberapa tahun terakhir, FIA telah melakukan berbagai tes untuk mengevaluasi apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan penggunaan kokpit tertutup.

Tes awal dilakukan dengan desain kanopi tempur jet yang memiliki dua masalah utama, yaitu polikarbonat akan menghancurkan atau akan meluncurkan tinggi puing-puing di udara, menyebabkan risiko untuk penonton.

Kekhawatiran terbesar kedua adalah dengan kokpit tertutup akan membuat pengemudi kesulitan keluar jika terjadi kecelakaan atau memperlambat tugaas kru medis mengeluarkan pengemudi.

Konsep terbaru terdiri adalah menggunakan visor di bagian depan kokpit yang berfungsi untuk membelokkan puing-puing sementara, dan tetap memungkinkan pengemudi mudah meninggalkan kokpit jika perlu.


(UDA)