Atasi Sembelit dengan Makanan Ini

   •    Minggu, 30 Aug 2015 17:19 WIB
kesehatan
Atasi Sembelit dengan Makanan Ini
Mengatasi sembeli dengan cara mudah.(foto:huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sembelit atau kembung tidak hanya menyakitkan, tetapi juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan kulit. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menambah makanan tinggi serat dalam diet Anda. Menurut ahli kesehatan, Madhav S, dianjurkan konsumsi 26 gram serat setiap hari agar metabolisme berjalan dengan lancar.

Ini adalah daftar makanan yang bisa meringankan masalah sembelit Anda.

1. Biji-bijian
Seluruh makanan biji-bijian seperti oatmeal, sereal dan sebagainya merupakan sumber yang kaya serat yang menjaga tubuh Anda tetap aktif. Memulai hari Anda dengan sarapan gandum termasuk pilihan yang sehat untuk memenuhi serat pada tubuh.

2. Apel
Satu buah apel sehari menurut para dokter bisa menghindari sembelit dan membuat kulit Anda nampak lebih sehat dan indah. Sebab, buah apel memiliki banyak kandungan serat yang diperlukan oleh tubuh.

3. Wortel
Makan wortel mentah solusi yang tepat untuk masalah sistem pencernaan seperti sembelit maupun kembung. Sebenarnya tidak masalah wortel dimasak, namun jika dimasak terlalu lama wortel akan kehilangan nilai seratnya.

4. Kacang
Makanan ini tidak hanya memberikan Anda jumlah serat yang baik, tetapi juga mempertahankan sistem pencernaan yang sehat. Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi asupan kacang panggang, kacang polong, kacang garbanzo, dan kacang merah setiap harinya.

5. Pir
Pir adalah salah satu buah yang mengandung serat maksimal. Mengkonsumsinya sama saja tubuh Anda sudah mendapatkan porsi serat yang tetap. Makan pir juga mampu membersihkan sistem secara efektif sehingga perut Anda akan lebih ringan dan nyaman lagi. (Sumarni/ Times of India)



(LOV)