Alasan Penghuni Betah Tinggal di Rusunami Bidara Cina

Arga sumantri    •    Minggu, 30 Aug 2015 17:21 WIB
rusunawa
Alasan Penghuni Betah Tinggal di Rusunami Bidara Cina
Kondisi Rusunami Bidara Cina,--Foto: MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Rumah susun milik (Rusunami) Bidara Cina, yang terletak di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur mayoritas dihuni kalangan berduit. Alasan mereka memilih tinggal di Rusunami lantaran harga sewa yang cukup murah.

"Ya karena murah juga, terus di sini dekat dengan tempat kerja," kata M, seorang penghuni rusunami Bidara Cina saat berbincang dengan Metrotvnews.com di Rusunawa Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (30/8/2015).

Selain karena murah, aturan di Rusunami tersebut rupanya terbilang cukup bebas. Tak ada aturan khusus. Contohnya saja mengenai batas jam pulang malam.

"Bebas di sini, sampean mau pulang jam berapa juga bebas," tambahnya.

Dia yang sehari-hari sebagai karyawan swasta mengaku sudah cukup lama tinggal di Rusunami Bidara Cina. Dia tak peduli soal kondisi lingkungan rusun yang tampak tak terurus.

Informasi yang dihimpun, harga sewa Rusunami Bidara Cina bervariatif. Mulai dari yang terendah Rp700 ribu per bulan, hingga yang paling mahal Rp1,5 juta. Harga itu tergantung dari kebijakan si pemilik unit dan fasilitas yang disediakan.

"Ada kalau mau yang tinggal bawa pakaian saja, semuanya (fasilitas) sudah ada, kayak AC, televisi, dan lain-lain," terang dia.


(MBM)