Swansea City vs Manchester United

Swansea Kembali Buat MU Merana di Stadion Liberty

Patrick Pinaria    •    Senin, 31 Aug 2015 00:05 WIB
manchester unitedliga inggris
Swansea Kembali Buat MU Merana di Stadion Liberty
Bafetimbi Gomis sukses mencetak gol ke gawang Manchester United (Foto: AP/Matt Dunham)

Metrotvnews.com, Swansea: Manchester United harus menelan kekalahan pertama pada laga ketiga Liga Primer Inggris 2015--2016, Minggu 30 Agustus. Torehan buruk itu didapat usai Red Devils takluk dari tuan rumah Swansea City dengan skor 1-2.

United sebetulnya tampil dominan pada laga ini. Buktinya mereka mampu menciptakan penguasaan bola hingga 62 persen. Namun anehnya, MU miskin peluang. 

Total, United menghasilkan empat peluang on target dari total sepuluh peluang yang dilesakkan. Sementara itu, Swansea hanya menghasilkan empat tembakan on target dari sembilan peluang yang dihasilkan.

United sudah tampil menggebrak sejak awal laga. Tapi peluang pertama baru diciptakan pada menit ke-21 lewat Juan Mata. Namun, tembakannya masih melebar dari mistar gawang.

Swansea membalas serangan MU dua menit berselang. Namun, sepakan Bafetimbi Gomis belum membuahkan hasil.

Kedua tim belum juga mencetak gol ketika laga sudah berjalan setengah jam. Pada menit ke-33, Wayne Rooney mendapat kesempatan usai mendapat umpan dari Ander Herrera. Tetapi, tembakan penyerang asal Inggris itu masih bisa diamankan Lukas Fabianski.

Hingga babak pertama usai, kedua tim tidak mampu menciptakan gol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

United makin agresif pada awal babak kedua. Usaha skuat asuhan Louis van Gaal itu berbuah hasil maksimal. MU berhasil membuka keunggulan pada menit ke-48 lewat gol Juan Mata. Gol ini tercipta berawal dari umpan Shaw dari sisi kiri ke dalam kotak yang melewati Rooney. Kemudian, Mata dengan cepat menyambar bola.

Usai unggul, United terus menyerang Swansea. Mereka sempat mendapat peluang dari Depay. Namun, belum mampu berbuah gol.

Hebatnya, Swansea bangkit setelah itu. Tim tuan rumah mengejutkan MU usai melalui gol yang dicetak Andre Ayew pada menit ke-61. Pemain asal Ghana itu melepaskan tandukan ke gawang Sergio Romero usai mendapat umpan dari Gylfi Sigurdsson. 

Lima menit berselang, Swansea sukses membalikkan keadaan lewat gol Gomis. Ia sukses menuntaskan umpan Ayew di dalam kotak yang tak mampu dibendung Romero.

United mencoba melakukan pergantian untuk menambah daya gedor setelah tertinggal. Morgan Schneiderlin, Juan Mata, dan Ander Herrera ditarik dan digantikan oleh Ashley Young, Michael Carrick, dan Marouane Fellaini.

Sementara itu, Swansea yang sudah unggul bermain lebih bertahan. 

Namun semua perubahan Van Gaal tidak memberikan efek signifikan. Gawang Swansea tetap tak mampu ditembus sehingga MU harus gigit jari pada akhir laga lantaran kalah dengan skor 1-2.

Akibat hasil ini, posisi Red Devils akhirnya merosot ke peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini dengan mengoleksi tujuh poin. Sementara itu, Swansea naik ke peringkat keempat dengan mengoleksi delapan poin. Jumlah poin tersebut sama dengan jumlah poin Leicester City.

Kemenangan 2-1 yang didapat Swansea melanjutkan tren buruk MU di Stadion Liberty. Bukan apa-apa. MU juga tumbang di tempat yang sama pada musim lalu. Ketika itu MU juga kalah dengan skor 1-2.


Berikut susunan pemain kedua tim:

Swansea City: Fabianski; Naughton, Fernandez, Williams (c), Taylor; Cork, Shelvey; Routledge, Sigurdsson, Ayew; Gomis.

Manchester United: Romero; Darmian, Smalling, Blind, Shaw; Schneiderlin, Schweinsteiger; Mata, Herrera, Depay; Rooney (c).


(HIL)