AS Roma vs Juventus

Kalah dari Roma, Rekor Hebat Juventus Terhenti

Hilman Haris    •    Senin, 31 Aug 2015 01:05 WIB
Kalah dari Roma, Rekor Hebat Juventus Terhenti
AS Roma sukses membungkam Juventus dengan skor 2-1

Metrotvnews.com, Roma: Juventus tak pernah kalah dua kali berturut-turut dalam dua laga awal Liga Italia Serie-A. Namun, rekor itu akhirnya terhenti pada musim 2015-2016. Setelah kalah dari Udinese pada pekan pertama, Juventus juga keok ketika bersua AS Roma pada giornata kedua, Senin 31 Agustus. Pada laga ini, Juventus menyerah dengan skor 1-2

Juventus pantas menerima kenyataan pahit tersebut. Sepanjang laga, skuat asuhan Massimiliano Allegri itu tampil kurang menggigit dan terlalu santai membiarkan pemain Roma leluasa menciptakan peluang.

Roma memberanikan diri untuk tampil menyerang sejak menit awal. Kondisi ini membuat para pemain bertahan La Vecchia Signora panik. Dalam tempo tiga menit sejak awal laga, Giorgio Chiellini dkk terpaksa dua kali menjatuhkan pemain Roma di kotak penalti. Beruntung bagi Juventus, wasit tidak melihat aksi itu sebagai sebuah pelanggaran.

Kubu Roma terlihat mempertanyakan putusan wasit. Namun hal itu tidak membuat mental Edin Dzeko dkk langsung jatuh. Hebatnya, mereka makin semangat untuk menggempur pertahanan tim tamu.

Roma menciptakan peluang berbahaya pada menit kedelapan. Kali ini, giliran Iago Falque yang melakukannya. Tapi gol tidak tercipta karena sepakan winger asal Spanyol itu gagal menemui sasaran.

Juventus coba membalas. Pada menit ke-16, gelandang Paul Pogba melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Tapi usaha gelandang bernomor 10 itu tak menemui sasaran.

Pemain-pemain Juventus sempat dibuat menahan napas ketika gelandang Roma, Miralem Pjanic tak terkawal di depan gawang pada menit ke-24. Beruntung bagi Juventus. Tembakan Pjanic membentur tiang gawang dan bola langsung ke luar lapangan.

Setelah itu pertandingan berlangsung alot. Bola lebih sering berkutat di lapangan tengah karena kedua tim seakan tak membiarkan lawan memasuki daerah penalti. Situasi itu akhirnya memaksa laga berakhir 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Keberuntungan Juventus berakhir pada babak kedua. Terutama setelah Pjanic mencetak gol pada menit ke-61. La Vecchia Signora tak lagi tampil tajam dan sering melakukan kesalahan tidak perlu.

Juventus makin kesulitan menciptakan gol penyama kedudukan lantaran harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-78. Ketika itu, bek Patrice Evra menerima kartu kuning kedua usai menjegal Iturbe sesaat sebelum memasuki sepertiga wilayah Juventus.

Nahas bagi Juventus. Semenit setelah Evra keluar, Roma sukses menggandakan kedudukan melalui tandukan Edin Dzeko. Mantan penyerang Manchester City itu terlihat langsung larut dalam euforia dengan fan Roma setelah mencetak gol pertama untuk I Lupi.

Striker anyar Juventus, Paulo Dybala sempat membuka asa timnya untuk menyamakan skor setelah mencetak gol pada menit ke-88. Bola berhasil dilesakkan eks Palermo tersebut usai memanfaatkan umpan Pereyra di dalam kotak penalti.

Juventus mendapat peluang terakhir untuk mengubah skor menjadi 2-2 pada injury time. Tapi dewi fortuna belum berpihak kepada La Vecchia Signora. Tandukan keras Chiellini dari jarak dekat berhasil ditepis kiper Roma, Szczesny.

Peluit tanda akhir pertandingan dibunyikan tak lama setelah peluang itu tercipta. Roma mampu menang dengan skor 2-1 dan membuat Juventus harus meratapi nasib gagal mempertahankan rekor yang sudah dipertahankan selama puluhan tahun.
(HIL)