H-1 Digenangi, Warga Cipaku Baru Bongkar Rumah

Ismail    •    Senin, 31 Aug 2015 02:08 WIB
waduk jatigede
H-1 Digenangi, Warga Cipaku Baru Bongkar Rumah
Petugas melakukan pengecekan terakhir Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (29/8). Waduk Jatigede yang telah siap beroperasi itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo hari ini Senin 31 Agustus 2015 (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Sumedang: Warga di Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja, Sumedang, Jawa barat, mulai melakukan pembongkaran rumah, sebabnya pemerintah akan melakukan penggenangan waduk Jatigede mulai 31 Agustus 2015.

Diketahui, Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja merupakan salah satu Desa dari 26 Desa yang merupakan wilayah terkena dampak penggenangan waduk Jatigede. (Baca: Hadiri Penggenangan Waduk Jatigede, Jokowi Dikawal Ratusan Polisi)

"Saat ini warga di Desa Cipaku mulai melakukan pembongkaran rumah, dan itupun baru beberapa bangunan saja," ujar Kepala Desa Cipaku, Didin Nurhadi kepada metrotvnews.com, saat di temui di kantor Desa Cipaku, Minggu, (30/8/2015).

Didin menyebutkan, Desa Cipaku yang berpenduduk sebanyak 806 Kepala Keluarga berdiri sebanyak 636 bangunan, baru sebagian kecil saja yang sudah melakukan pembongkaran.

"Bangunan yang masih berdiri tegak di Desa Cipaku ini masih sekitar 600an bangunan lagi, sisanya masih belum dibongkar," kata Didin.

Lanjut Didin, warga Desa Cipaku masih banyak yang bertahan selain mereka masih mencari tempat tinggal baru, mereka harus membuat rumah di tempat yang baru tersebut.

"Kita punya waktu selama 55 hari sejak waduk Jatigede ini akan digenangi, dan 55 hari itu kita akan manfaatkan untuk membongkar bangunan rumah tempat tinggal kami," sebutnya.

Kemudian, kata Didin, warga Desa Cipaku masih banyak persoalan yang belum selesai, yakni persoalan sidang ahli waris sehingga masih belum mendapat uang penggantian.

"Saat ini hampir ada sekitar 400an KK yang masih proses persidangan dan itu memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga warga pun masih menunggu persoalan itu selesai," katanya. 



(ALB)