On This Day

On This Day: MU Rekrut Bocah Ajaib Seharga Rp544 Miliar

Hilman Haris    •    Senin, 31 Aug 2015 08:24 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: MU Rekrut Bocah Ajaib Seharga Rp544 Miliar
Ferguson terlihat gembira ketika memperkenalkan Rooney sebagai pemain baru MU pada 2004 silam (AFP)

Metrotvnews.com, Manchester: Wajah Sir Alex Ferguson  berseri-seri saat memulai aktivitas pada 31 Agustus 2004. Semangat dan keceriaan Ferguson bisa terlihat ketika ia melakukan sesi konferensi pers setelah berhasil menggaet  "bocah ajaib" berusia 18 tahun bernama Wayne Rooney dari Everton ke Manchester United.

"Saya sangat bersemangat. Pasalnya Manchester United berhasil mendapatkan pemain muda terbaik di Inggris. Rooney merupakan pemain terbaik di negeri ini dalam 30 tahun terakhir," kata Ferguson penuh optimisme.

Wajar Ferguson berkata demikian. Rooney memang pesepak bola muda fenomenal ketika itu. Rooney bahkan sudah menyita perhatian dunia sebelum digaet Red Devils. Pada 2002, Wazza- sapaan akrab Rooney- menghentak stadion Goodison Park, markas Everton saat melepaskan sepakan jarak jauh ke gawang Arsenal. Rooney pantas diberi aplaus karena tembakannya sukses mengelabui kiper andalan Inggris dan Arsenal ketika itu, David Seaman.

Wazza kembali menyita perhatian ketika tampil bersama timnas Inggris di Piala Eropa 2004. Di turnamen tersebut, Rooney berhasil mencetak empat gol dan membawa The Three Lions melaju hingga ke perempat final. Nahas, kiprah ciamiknya terhenti karena cedera metatarsal pada tengah-tengah turnamen.

Semua orang akhirnya tahu penilaian Ferguson soal Rooney tidak salah. Pada laga debut bersama MU, Rooney langsung "menggila" dengan mencetak tiga gol dan membawa Red Devils menang 6-2 atas Fenerbahce di kancah Liga Champions 2004--2005. Rooney akhirnya menutup musim itu dengan torehan 11 gol dari 29 penampilan di kancah Liga Primer Inggris.

MU merogoh kocek cukup besar untuk mendapatkan Rooney. Menurut Independent, Red Devils dipaksa menggelontorkan uang hingga 25,6 juta poundsterling (Rp554 miliar) untuk mengangkut Rooney muda dari Everton. Harga yang terbilang besar untuk membeli pesepak bola yang baru memasuki usia 18 tahun ketika itu.

Akan tetapi, semua uang itu rasanya sepadan dengan prestasi yang sudah diberikan Rooney untuk MU hingga saat ini. Total, 12 gelar diberikan Rooney kepada Red Devils. Lima di antaranya berupa trofi Liga Primer Inggris. Berkat Rooney pula, MU berhasil menjadi juara Liga Champions 2007--2008 dan menjadi yang terbaik di dunia usai menang di ajang Piala Dunia Antarklub 2008.

Semua prestasi itu didapat MU setelah Ferguson membeli Rooney 11 tahun silam. Semringah Ferguson pada 31 Agustus 2004 ternyata juga memberikan keceriaan untuk manajemen dan fan Red Devils. (Premier League)



(HIL)