Anak Usaha PTPN X Jual Bioetanol ke Total

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 31 Aug 2015 19:37 WIB
ptpn
Anak Usaha PTPN X Jual Bioetanol ke Total
Pabrik bioetanol milik anak usaha PTPN X di Mojokerto, Jawa Timur. (FOTO: dokumentasi PTPN X)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) melalui anak usahanya, PT Energi Agro Nusantara (Enero), telah menandatangani kontrak jual-beli produk bioetanol sebesar 135 ribu liter dengan PT Total Oil Indonesia (TOI) yang merupakan sektor hilir dari Total Group.

Penjualan bioetanol ini melengkapi sejumlah pihak yang telah membeli bioetanol dari Enero, seperti PT Pertamina dan sejumlah perusahaan dari Filipina serta Singapura.

"Penjualan ini membuktikan produk bioetanol kami secara bertahap terus mendapat kepercayaan pasar untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri," ujar Direktur Utama Enero Misbahul Huda, dalam siaran persnya, di Jakarta, Senin (31/8/2015).

Enero mengolah limbah cair tebu (tetes/molasses) dari pabrik gula PTPN X menjadi bioetanol.Pabrik milik Enero menghasilkan bioetanol fuel grade kualitas tinggi dengan tingkat kemurnian minimal 99,5 persen yang sangat ramah lingkungan. Pabrik bioetanol Enero didirikan terintegrasi dengan Pabrik Gula Gempolkrep di Mojokerto, Jawa Timur.

Kerja sama dengan Total, sambung Misbahul, diharapkan saling menguntungkan. Enero bisa menjual bioetanolnya, sedangkan Total dapat memenuhi intruksi pemerintah untuk blending bioetanol ke BBM-nya.

"Ke depan, kerja sama bisa diperluas termasuk untuk peningkatan volume penjualannya," ujarnya singkat.

Saat ini, Enero juga sedang menjajaki penjualan bioetanol dengan sejumlah pihak, baik di dalam maupun luar negeri.
Sebelumnya, Enero telah mendapatkan kontrak pembelian bioetanol dari Filipina sebesar empat juta liter dan dari Singapura 12 juta liter. Kontrak tersebut dieksekusi secara bertahap. Adapun Pertamina melakukan pembelian rutin bulanan ke Enero.

"Kami optimistis ke depan permintaan bioetanol semakin meningkat seiring kesadaran untuk memacu penggunaan energi baru terbarukan," pungkasnya.


(AHL)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA