Pilkada Surabaya

Ini Gugatan PAN ke KPU Kota Surabaya

Amaluddin    •    Senin, 31 Aug 2015 21:07 WIB
pilkada serentak
Ini Gugatan PAN ke KPU Kota Surabaya
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional, Suyoto. Foto: MTVN/Amal

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat kecewa dengan keputusan KPU Kota Surabaya yang menggugurkan keikutsertaan pasangan Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid. Tak terkecuali Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PAN, Suyoto, mengatakan akan menggugat KPU Kota Surabaya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Suyoto menyatakan yang berhak menyatakan subtansi kebenaran surat rekomendasi terhadap Rasiyo-Dhimam adalah DPP PAN, bukan KPU.

"Terhadap kenyataan ini maka kami bersama Partai Demokrat akan menempuh langkah hukum dengan mengadukan tindakan penghilangan hak demokrasi ini kepada DKPP‎, kemudian meminta pasangan calon untuk menggugat KPU di PTUN," tegasnya.

Berikut pernyataan resmi PAN menanggapi keputusan KPU Kota Surabaya yang merugikan mereka:

1. Pemilukada adalah rezim politik, di mana memilih adalah hak rakyat dan pencalonan merupakan kewenangan partai politik.

2. Penggagalan pencalonan Pasangan Rasiyo-Dhimam berdasar dua alasan: Perbedaan scan surat keputusan DPP PAN dengan aslinya, harus dicabut. Sebab, substansi dukungan DPP PAN adalah kebenaran dukungan. Yang berhak menyatakan dukungan itu benar atau salah adalah DPP, bukan KPU.

3. PAN meminta KPU mengubah keputusannya agar Pilkada Surabaya segera bergulir dan hak publik Surabaya dapat terpenuhi.



(UWA)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA