Buruh Berjanji Akan Unjuk Rasa dengan Tertib

Deny Irwanto    •    Senin, 31 Aug 2015 21:48 WIB
demo buruh
Buruh Berjanji Akan Unjuk Rasa dengan Tertib
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian (tengah) memberikan keterangan pers kepada awak media. (MTVN/Deny Irwanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Istana negara diperkirakan bakal diserbu puluhan ribu buruh pada Selasa pagi, 1 September besok. Rencananya, para buruh ini akan menyampaikan pendapat dan meminta kesejahteraan.

Mengantisipasi tindakan pelanggaran lalu lintas dan ketertiban lainnya, kepolisian melalui Polda Metro Jaya telah berkomunikasi dengan perwakilan buruh di Mapolda Metro Jaya, Senin (31/8/2015) sore.

Baris Silitonga koordinator aksi lapangan aksi buruh berjanji akan memimpin buruh dalam menyampaikan orasi dengan tertib dan aman.

"Bahwa kami besok aksi disesuaikan dengan apa yang sudah disepakati, tertib dan aman. Tidak ada aksi yang aneh dan macam-macam," katanya, usai melakukan pertemuan dengan pihak kepolisian di Mapolda Metro Jaya.

Baris mengatakan, aksi ini sudah direncanakan sejak beberapa bulan lalu. Untuk itu pihaknya menjamin seluruh kegiatan penyampaian orasi akan berlangsung tertib dan terkoordinir.

"Aksi penyampaian aspirasi ini sudah kami rencanakan sejak tiga bulan yang lalu, jauh sebelum dollar meroket. Kami juga tidak mau ada pemberitaan yang mencekam. Kami buruh cerdas," tambahnya.

Sementara itu, ketika disinggung aksinya kerap dilakukan di Jakarta, Baris mengatakan bahwa Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan ibu kota negara.

"Kalau ibu kotanya bukan di Jakarta kami tidak akan ke Jakarta, tapi kalau ibu kota pindah ke Bekasi, kita akan demo ke Bekasi," tandasnya.

Dalam aksi ini, Polda Metro Jaya akan mengawal puluhan ribu buruh tersebut hingga acara selesai. Personel yang disiapkan mencapai 8542 orang.


(MEL)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA