Kedatangan IMF ke Indonesia Dipastikan tak Bicara Utang

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 01 Sep 2015 07:56 WIB
imf
Kedatangan IMF ke Indonesia Dipastikan tak Bicara Utang
Ilustrasi IMF. FOTO: AFP/Mandel Ngan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan organisasi keuangan dunia, Dana Moneter Internasional (IMF) kini tengah berada di Indonesia. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menegaskan kedatangan IMF ke Tanah Air kali ini bukan untuk membicarakan soal utang atau pemberian pinjaman ke Indonesia.

Menurut JK, kedatangan IMF ke Indonesia karena lembaga pinjaman tersebut ingin melihat secara langsung kondisi perekonomian negara-negara di Asia yang terkena dampak dari pelemahan ekonomi dunia.

"Tidak (soal utang). Kita akan diskusi bagaimana ekonomi dunia saat ini. Jangan lupa ekonomi Indonesia begini juga kan akibat ekonomi dunia susah," kata JK di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, 31 Agustus 2015.

Dirinya menuturkan jika Indonesia tidak meminta pertolongan pinjaman pada IMF, maka IMF pun tak akan menyalurkannya ke Indonesia.

"Utang itu diminta dulu baru disalurkan. Kalau tidak diminta macam mana? Enggaklah kita tidak minta ke IMF," jelas dia.

Asal tahu saja, IMF bersama Bank Indonesia, Selasa (1/9/2015) bakal menggelar agenda Konferensi Internasional bertajuk Keuangan Asia di Masa Mendatang atau the Future of Asia's Finance dengan mengangkat tema Tantangan Ekonomi Global dan Implikasinya bagi Para Pembuat Kebijakan di Asia.

Tema tersebut merupakan representasi dari kondisi saat ini, mengingat saat ini kawasan Asia sedang mengalami tantangan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah meningkatnya risiko gejolak di sektor keuangan global.


(AHL)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA