KPK Geledah Gedung Rektorat UI

   •    Kamis, 27 Jun 2013 13:35 WIB
KPK Geledah Gedung Rektorat UI
ANTARA/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Kamis (27/6).

Ada lebih 10 penyidik KPK yang melakukan pencarian data dan informasi terkait kasus dugaan korupsi pada pembangunan dan IT Perpustakaan UI, Depok.

"Benar, ada penggeledahan yang dilakukan KPK terkait UI. Lokasinya di UI pusat rektorat dari lantai 1 sampai lantai 8. Penyidiknya lebih dari 10 orang," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi, Kamis (27/6).

Tidak hanya gedung rektorat, KPK pun menggeledah Gedung PT Makara Mas yang merupakan perusahaan yang berlokasi di areal kampus UI, Depok. PT Makara Mas merupakan perusahaan yang menjadi penyokong berbagai proyek di UI termasuk dalam pembangunan perpustakaan yang dianggap sangat monumental.

"Kami juga menggeledah PT Makara Mas, di UI juga," ujarnya.

KPK telah menetapkan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Administrasi Umum UI Tafsir Nurchamid, sebagai tersangka kasus proyek pembangunan dan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI tahun anggaran 2010-2011.

Tafsir disangka melanggar Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. Dia diduga melakukan perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang secara bersama-sama yang merugikan keuangan negara. Ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 miliar.(Hafizd Mukti)


KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA