Pedagang Pasar Tanah Abang Dipajak 1%

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 01 Sep 2015 11:57 WIB
tanah abang
Pedagang Pasar Tanah Abang Dipajak 1%
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengimbau pedagang Tanah Abang membayar Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 1%. Ahok bilang, sistem ini akan mempermudah para pedagang untuk taat bayar pajak.
 
"Buat masyarakat yang awam soal pajak, ini jauh lebih mudah. Tinggal hitung saja misalnya dapat Rp100 ribu berarti (bayar) Rp 1 ribu. Kita juga permudah nanti langsung bayar di bank pakai ATM," kata Ahok di Tanah Abang Blok G, Jalan Fachrudin, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).
 
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013, pedagang dengan omzet Rp4,8 miliar per tahun diharapkan bayar pajak 1 % dari total omzet. Dengan peraturan ini, Ahok bilang, sistem pembayaran jauh lebih transparan.
 
"Jadi pedagang enggak usah dikejar-kejar (bayar pajak) oleh oknum pajak yang pemeras dan mempermainkan hitungan. Kalau 1% semua orang gampang hitungnya," katanya.
 
Dengan adanya aturan ini, Ahok optimistis Pemprov DKI bisa meraup pajak dengan skala besar. Sebab, selama ini banyak pedagang yang tak terdaftar dengan Nomor Pengguna Wajib Pajak (NPWP).
 
"Potensi pajak besar. Mereka tidak punya NPWP karena takur mendaftar. Makanya dikeluarkan PP baru agar tidak ada oknum pajak yang bisa melakukan pemerasan," ujarnya.


(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA