Bareskrim Sama Seperti LSM Jika tak Ungkap Capim Bermasalah

Surya Perkasa    •    Selasa, 01 Sep 2015 12:19 WIB
capim kpk
Bareskrim Sama Seperti LSM Jika tak Ungkap Capim Bermasalah
Desmond J Mahesa. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mengkritik Bareskrim Polri karena tidak membeberkan nama calon pimpinan KPK bermasalah. Dia mendorong Bareskrim mengungkap figur bermasalah agar tidak menjadi fitnah dan masalah dikemudian hari.

"Hari ini ada pernyataan Kabareskrim ada calon bermasalah, tapi tidak disebutkan. Kalau tidak konkret, polisi dan ICW (LSM Indonesia Corruption Watch) itu sama saja. Kalau tidak diumumkan jadi fitnah. Menyebarkan isu tidak jelas sama saja dengan LSM," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Sikap Bareskrim diprediksi menciptakan isu tidak sehat. Apalagi Panitia Seleksi Capim KPK sudah menyerahkan delapan nama yang lolos seleksi ke Presiden Joko Widodo. Tentu saja ini akan menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi DPR.

Sebab setelah disetujui Presiden Jokowi, nama tersebut akan diuji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Dewan mau tak mau harus serba hati-hati agar tidak disalahkan kemudian hari.

Selain itu, Desmond juga melihat ada beberapa kejanggalan selama masa seleksi di Pansel. Kejanggalan pertama, Pansel terkesan menunggu seseorang untuk mendaftar.

"Dari perjalanan ini, kami melihat ada kesan Pansel seperti menunggu seseorang. Saat pengumuman terseleksi ada juga yang aneh. Saldi Isra yang diumumkan daftar, dia mengaku tidak mendaftar. Ada proses yang ditunggu. Ada penggalangan," kata dia.

Proses seleksi juga semakin berbau tak sedap saat ICW bersuara. ICW menyebut capim dari kalangan polisi dan jaksa tak layak. Ini pun dilihat Desmond sebagai upaya untuk menutup jalan bagi calon dari lembaga tertentu.

"Ke depan harus lebih kita cermati, ini tugas kita semua termasuk wartawan," pungkas dia.


(TRK)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA