3 Prinsip RI Ukur Perubahan Iklim Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 01 Sep 2015 12:25 WIB
perubahan iklim
3 Prinsip RI Ukur Perubahan Iklim Menuju Pembangunan Berkelanjutan
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro membuka forum internasional mengenai pendanaan dalam menghadapi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Dalam forum yang akan digelar hingga 3 September ini, Bambang menyoroti Indonesia memiliki tiga prinsip dalam hal pengukuran perubahan iklim. Pertama, menyatukan agenda perubahan iklim ke perencanaan pembangunan dan anggaran.

Kedua, memastikan efektivitas pengelolaan dan penggunaan pembiayaan perubahan iklim, dan ketiga yakni pengembangan sumber daya keuangan untuk agenda perubahan iklim.

"Dalam forum ini nantinya akan mendiskusikan mengenai isu pembiayaan yang berhubungan dengan perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Jadi nanti goals-nya sustainable development," kata Bambang, di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).

Selain Bambang, forum ini juga dibuka oleh Asisten Sekretaris Jenderal PBB dan Direktur Regional UNDP untuk Asia Pasifik Haoliang Xu, Duta Besar Swedia untuk Indonesia HE Johanna Brismar Skoong, dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia HE Moazzam Malik.

Nantinya hasil diskusi ini bakal dibawa ke dalam Sidang Umum PBB, di mana akan mengesahkan tujuan pembangunan global yang baru, yang lebih dikenal dengan sustainable development goals (SDGs) dan dan diharapkan berkontribusi dengan komitmen pelaksanaan Perubahan Iklim hasil pertemuan di Paris pada akhir Desember melalui peningkatan efektivitas penganggaran dan penggunaan dana publik.

"Kontribusi utama dari forum Asia Pasifik ini adalah tumbuhnya pemahaman bersama antara para negara peserta mengenai pentingnya peningkatan efektivitas penganggaran dana publik dalam rangka menangani perubahan iklim dan mencapai pembangunan berkelanjutan. Indonesia sangat menghargai kerja sama ini dalam mendorong inisiatif baru," jelas Bambang.


(AHL)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA